Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

30 November, KPAI Gelar Rakornas Persiapan Pembukaan Sekolah

Pendidikan Virus Korona sekolah Kenormalan Baru
Arga sumantri • 28 November 2020 21:06
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakornas) secara daring terkait persiapan pembukaan sekolah tatap muka, Januari 2021. Rakornas disebut bakal dihadiri sejumlah perwakilan para pemangku kepentingan pendidikan.
 
"Rakornas dilakukan Senin, 30 November 2020, secara daring melalui aplikasi zoom pada pukul 09.00 sampai dengan jam 12.00 WIB," kata Komisioner bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti melalui keterangan tertulis, Sabtu, 28 November 2020.
 
Ada sejumlah materi yang akan dibahas dalam Rakornas tersebut. Salah satunya, penyampaian hasil persiapan pembelajaran tatap muka di masa pandemi yang dilakukan KPAI di 49 sekolah pada 21 kabupaten/kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Minta Pembukaan Sekolah Dilakukan Secara Hati-Hati
 
Materi lainnya yang dibahas yakni panduan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) ketika sekolah dibuka Januari 2021 dari Mendikbud Nadiem Makarim. Panduan ini guna melindungi kesehatan dan keselamatan peserta didik.
 
Pembahasan juga menyasar pada peran orang tua dalam menyiapkan peserta didik ketika sekolah dibuka Januari 2021. Materi ini disebut akan dipaparkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPPA). Terakhir, yakni politik anggaran pendidikan untuk persiapan membuka sekolah demi melindungi warga sekolah selama pandemi oleh Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda.

Hasil Pengawasan KPAI

Retno menyatakan, berdasarkan hasil pengawasan KPAI, 83,68 persen sekolah belum siap melakukan pembelajaran tatap muka. Data ini berdasarkan hasil pengawasan KPAI terhadap persiapan adaptasi kebiasaan baru pada 49 sekolah di 21 kabupaten/kota yang berasal dari delapan provinsi.
 
"Meliputi NTB (Nusa Tenggara Barat), Bengkulu, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, D.I Yogjakarta, Banten, dan DKI Jakarta," ucap Retno.
 
Hasil pengawasan KPAI, kata dia, hanya 16,32 persen sekolah yang siap. Sisanya, dinilai belum siap kembali belajar di kelas pada masa pandemi. Pengawasan langsung ke sekolah dilakukan KPAI sejak Juni sampai November 2020. 
 
"Adapun hasil pengawasan dan sejumlah rekomendasi akan disampaikan dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) penyiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di sekolah," ungkap Retno.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif