Pelantikan dan pengambilan sumpah dokter ke-17 UKDW. Foto: Dok.UKDW
Pelantikan dan pengambilan sumpah dokter ke-17 UKDW. Foto: Dok.UKDW

UKDW Ambil Sumpah 333 Dokter Muda

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi UKDW
Citra Larasati • 26 Oktober 2020 11:29
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (FK UKDW) melantik dan melakukan pengambilan sumpah dokter ke-17. Upacara pelantikan kali ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom, karena masih dalam masa pandemi covid-19.
 
Sumpah Dokter dilaksanakan terhadap para mahasiswa yang telah dinyatakan lulus program profesi dokter melalui tahapan ujian UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter) Agustus 2020. Pada kesempatan kali ini, FK-UKDW meluluskan mahasiswa program profesi dokter dengan jumlah kelulusan delapan dokter dari total 333 yang sudah diangkat sumpah dokter.
 
Sebagai seorang dokter, para lulusan diingatkan untuk menjaga peran atau identitas diri sebagai individu yang profesional. Jika seorang dokter hanya memegang peran itu sebagai status, maka yang ada hanya segala kemegahan diri sebagai status dokter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapijika dokter memainkan peran sebagai rasa kemanusiaan maka hal ini akan menghadirkan nilai kemanusiaan dan perspektif yang kuat tentang kemanusiaan," kata Wakil Rektor Bidang
Pengembangan Kapasitas SDM dan Jejaring, Handi Handiwinoto, dalam keterangannya, Senin, 26 Oktober 2020.
 
Jika seorang dokter menampilkan peran kebahagiaan, maka akan menjadikan itu sebagai refleksi. "Bahwa sesulit apapun tantangan itu maka kita akan selalu bisa menghadapinya," kataDirektur RS Bethesda, Purwoadi Sujatno, dalam pesannya kepada para dokter yang baru dilantik.
 
Purwoadi mengatakan, bahwa pelantikan dan sumpah dokter yang sudah dilakukan bukan akhir dari sebuah proses pendidikan. Justru merupakan langkah awal untuk memulai karya nyata yang sesungguhnya yaitu karya kemanusiaan untuk melayani dan menolong sesama.
 
“Yakinlah bahwa bekal yang sudah diperoleh selama proses pendidikan sebagai dokter sudah cukup untuk melaksanakan tugas pelayanan, jangan lupa untuk terus belajar serta tetap berpegang teguh pada keyakinan, integritas, serta menjujunjung tinggi kebanggaan UKDW dan RS Bethesda di manapun kalian berada,” serunya.
 
Baca juga:UKDW Terima Hibah Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu
 
Sementara itu,Dekan FK UKDW,Maria Meiwati Widagdo juga berpesan kepada para
dokter yang baru dilantik untuk tetap melayani pasien dengan baik sehingga bisa menjadi “duta” kampus yang menjadi mitra pemberi beasiswa OSC Medcom.id ini. Selain itu juga harus bisa menjadi dokter yang profesional, mandiri, dan berbudi luhur dengan tetap berpegang pada nilai-nilai UKDW.
 
“Di masa pandemi ini, dokter tidak hanya mengusahakan yang terbaik bagi masyarakat tapi juga
harus mampu menjaga kesehatan diri. Selamat kepada para dokter yang sudah dilantik, tetaplah belajar dalam pengembangan ilmu kedokteran, nilai profesi, dan nilai spiritual sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Tuhan memberkati,” pungkasnya.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif