?UKDW Gelar Diskusi Menuju Arsitek Profesional di Era Inovasi Kolaboratif. Foto: UKDW/Dok. Humas
?UKDW Gelar Diskusi Menuju Arsitek Profesional di Era Inovasi Kolaboratif. Foto: UKDW/Dok. Humas

Arsitek Butuh Sertifikasi di Era Inovasi Kolaboratif

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 11 November 2019 18:00
Yogyakarta: Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Kristen Duta Wacana (FAD UKDW) Yogyakarta bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Yogyakarta menggelar Diskusi Kampus-Dialog Arsitek Istimewa. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan ulang tahun IAI DIY ke-60.
 
Diskusi dibuka oleh Sekretaris IAI Yogyakarta, Dionisius Anas R. Alexander. Anas mengusung tema diskusi “Menuju Arsitek Profesional Indonesia (Sertifikasi dan Pemagangan)”. Ia menekankan pada pentingnya sertifikasi arsitek.
 
Sebab menurutnya, seorang arsitek harus memiliki standar kompetensi seperti pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan persyaratan. "Penting sekali mengurus sertifikat keahlian untuk berkarya sebagai arsitek profesional,” kata Dionosius di kampus UKDW, Yogyakarta, Senin, 11 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, digelar juga bedah buku “Collaboration Innovation” yang ditulis oleh Dr. Ir. Yuwono Imanto, M.B.A. Hadir sebahai pemateri dalam beda buku tersebut, Arif Kusumawanto, dosen Arsitektur Universitas Gadjah Mada.
 
Dijelaskan Arif, buku tersebut berisi tentang ekosistem inovasi industri kreatif di Indonesia. Dalam konteks tersebut, arsitek berperan besar dalam mewujudkan pengembangan kota kreatif di Indonesia.
 
Diskusi tersebut diikuti mahasiswa, praktisi anggota IAI, dosen, hingga kalangan praktisi umum di dunia arsitektur. “Kami berharap acara ini dapat memberikan informasi dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai peran arsitek dalam mewujudkan kota yang kreatif, livable, dan sustainable di masa yang akan datang,” tandansya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif