Pendiri sekaligus CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara. Foto: Medcom.id/Ade Hapsari Lestarini
Pendiri sekaligus CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara. Foto: Medcom.id/Ade Hapsari Lestarini

Jadi Stafsus, Belva Tetap di Ruangguru

Pendidikan Kabinet Jokowi-Maruf beasiswa osc
Ade Hapsari Lestarini • 25 November 2019 07:07
Jakarta: Pendiri sekaligus CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara akan tetap berkecimpung di startup yang telah membesarkan namanya tersebut, kendati telah ditunjuk menjadi Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu.
 
Belva menuturkan, Presiden tidak mempermasalahkan bila dirinya 'merangkap' jabatan. Bahkan menurutnya, Presiden justru tidak ingin para stafsusnya lepas dari akar mereka. "Masih, enggak apa-apa pegang dua, karena itu sudah merupakan amanah dari presiden juga kalau kami ini yang muda-muda tolong tetap stay di role masing-masing. Jadi memang untuk tidak dicabut dari akarnya, tidak dicabut dari sektor masing-masing," ungkap Belva kepada Medcom.id, saat ditemui di Kantor Media Group, Kedoya, Jakarta.
 
Menurut Belva, harapan Presiden Jokowi kepada para Stafsus yang masih memegang sektornya tersebut agar menjadi lebih sensitif tehadap apa yang dibutuhkan publik. "Daripada kita masuk ke pemerintahan secara full, sudah larut, terpolusi dengan segala kejelimetan birokrasi. Jadi memang kita dibuat sebagai fresh, generator of ideas, jadi memberikan ide-ide gila, inovatif, breakthrough, untuk itu kami memang selalu dibutuhkan lebih dekat dengan beliau," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Belva didaulat menjadi Stafsus Presiden bersama enam milenial lainnya pada Jumat, 22 November 2019. Dia ditugaskan untuk mengerjakan yang selama ini menjadi makanan sehari-harinya yakni pendidikan. Selain itu juga akan mengawal kepemudaan dan kewirausahaan.
 
Sebelum mendirikan Ruangguru, Belva yang pada 2019 memperoleh penghargaan Emerging Entrepreneur of The Year dalam Ernst and Young Entrepreneur of The Year, sempat bekerja di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan dan perusahaan konsultasi manajemen global, McKinsey and Company.
 
Terbaru, Belva meraih penghargaan kategori Startup of The Year 2019 dari Metro TV. Penghargaan ini disebut Belva hasil kerja keras tim Ruang Guru.
 
"Kepada seluruh tim Ruangguru, ini adalah kerja keras Ruangguru selama ini," kata Belva saat menerima penghargaan, di Grand Studio Metro TV, Jalan Pilar Mas Raya, Jakarta Barat, Minggu 24 November 2019.
 
Belva menyebut harapannya mendirikan aplikasi Ruangguru lima tahun lalu adalah memberi pendidikan bagi anak-anak Indonesia dengan harga yang terjangkau.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif