Guru besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Dr. Tan Kamello, S.H.,M.S
Guru besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Dr. Tan Kamello, S.H.,M.S

Guru Besar: Hukum Positif Tak Kenal Istilah Selfplagiarism

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 19 Januari 2021 15:06
Medan: Guru besar Fakultas Hukum Universitas Sumatra Utara (USU) Tan Kamello menegaskan, hukum positif di Indonesia tidak mengenal selfplagiarism atau autoplagiarism. Pernyataan ini merespons kasus kontroversial Rektor USU terpilih Muryanto Amin, yang dituduh melakukan selfplagiarism.
 
"Jika dibaca Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010, tidak satu kata pun dijumpai istilah selfplagiarism atau autoplagiarism," ujar Kamello, Selasa, 19 Januari 2021.
 
Menurut pakar hukum di Sumatra Utara ini, istilah tersebut hanya dikemukakan oleh para penulis asing dan tidak pernah dimasukkan dalam rumusan pasal.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau seorang plagiator diduga dan mau dijatuhi hukuman berdasarkan hukum positif, maka perbuatan yang dilakukan plagiator harus memenuhi unsur-unsur yuridis dalam pasal tersebut," bebernya.
 
Baca: Dituduh Plagiat, Ini Klarifikasi Rektor USU Muryanto
 
Menurut Tan Kamello, tim penelusuran yang dibentuk Rektor USU tidak dapat membuktikan perbuatan plagiat yang dilakukan oleh Muryanto. Selain itu pasal yang diterapkan untuk kasus ini juga tidak bisa dibuktikan, melainkan hanya melakukan dugaan saja. 
 
Ia menambahkan, ketua tim penelusuran juga sudah membuat kesimpulan yang berulang-ulang tentang adanya dugaan perbuatan plagiat. Namun, tidak memahami secara benar arti plagiat yang dimaksudkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.17 Tahun 2010. 
 
"Dalam peraturan tersebut secara jelas dan eksplisit yaitu mengutip sebagian atau seluruh karya ilmiah pihak lain. Jadi bukan karya ilmiah sendiri," beber anggota Dewan Guru Besar (DGB) USU ini.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif