Menristekdikti Dorong Publikasi Ilmiah di Bidang Kesehatan Hewan
Menristekdikti, Mohamad Nasir meresmikan Rumah Sakit Hewan Pendidikan di Unair, Humas Kemenristekdikti?Fatimah Larasati Harahap.
Jakarta:  Universitas Airlangga (Unair) akhirnya memiliki Rumah Sakit Hewan Pendidikan.
Kehadiran Rumas Sakit pendidikan ini sangat penting bagi peningkatan kualitas pendidikan dan riset bagi mahasiswa dan dosen kedokteran hewan di Unair.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengatakan, jumlah perguruan tinggi yang memiliki Rumah Sakit Hewan Pendidikan masih sangat sedikit.  "Dari yang sedikit ini, semoga dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan kedokteran hewan di Unair,” kata Nasir dalam keterangan tertulisnya yang diterima Medcom.id, Kamis, 12 Juli 2018.


Kehadiran Rumas Sakit Hewan Pendidikan ini juga sangat penting bagi peningkatan kualitas pendidikan dan riset bagi mahasiswa dan dosen kedokteran hewan di Universitas Airlangga. "Saya harap dengan kehadiran rumah sakit hewan ini, riset dan publikasi ilmiah di bidang kesehatan hewan akan semakin meningkat,” ujar Nasir.

Nasir menambahkan, lulusan pendidikan kedokteran hewan memegang peranan penting menjaga masyarakat agar tidak mengkonsumsi hewan yang berpenyakit, seperti penyakit mulut dan kuku. Menurutnya, kesehatan hewan semakin penting di tengah masyarakat, terutama kesehatan hewan peliharaan dan hewan yang dikonsumsi manusia, karena tidak sedikit penyakit dari hewan dapat menular kepada manusia.

Selain itu, Nasir berpesan agar lulusan pendidikan kedokteran hewan dari Unair mampu mempersiapkan diri dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.  "Saya berharap ada inovasi di bidang pelayanan publik di Rumah Sakit Hewan Pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," jelas Nasir.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih mengatakan di perguruan tinggi yang memiliki banyak program studi kesehatan seperti Unair, maka ‘technopark’-nya adalah di bidang kesehatan. RSHP ini merupakan laboratorium yang bertujuan untuk mendukung proses pendidikan dan penelitian di program studi kedokteran hewan.

"Kualitas harus nomer satu, kehadiran RSHP ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan hewan, juga meningkatkan penelitian di bidang kesehatan hewan,” tutur Nasih.

Lihat Video:


 



(CEU)