Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Akses 80.000 Video Pembelajaran Dibuka untuk Pelajar

Distribusi Materi Pembelajaran Butuh Terobosan

Pendidikan Metode Pembelajaran
Citra Larasati • 18 Desember 2019 20:02
Jakarta: Distribusi tenaga pendidik dan sumber materi belajar menjadi persoalan yang paling banyak ditemui dunia pendidikan di Indonesia.Dibutuhkan terobosan melalui bantuan teknologi internet untuk mempercepat dan memperluas jangkauan materi belajar dan tenaga pendidik ke seluruh pelosok negeri.
 
Amanda Witdarmono, Chief of Education Initiatives Zenius Education mengatakan, ia telah banyak melakukan kegiatan pendidikan untuk turun ke lapangan. Mendengarkan langsung suara para guru dari berbagai pelosok Indonesia, melihat tantangan besar di berbagai daerah bersama program pemberdayaan guru.
 
"Dari situ saya memahami bahwa distribusi persebaran tenaga pendidik dan sumber materi belajar di negara kepulauan terbesar di dunia ini (Indonesia) merupakan tantangan tersendiri yang perlu disambut dengan solusi yang efektif dan efisien," terang Amanda dalam Diskusi Pendidikan dan Peluncuran program #SemuaBisaZenius, di Jakarta, Rabu, 18 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data Kemendikbud 2018, rasio guru dan siswa di Indonesia masih jauh dari proporsi ideal. Data guru di tingkat SD misalnya, rasio tersebut menyentuh angka 1:38, kemudian di tingkat SMP 1:35, dan di tingkat SMA 1:34.
 
Selain itu, kata Amanda, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, distribusi tenaga pendidik dan materi belajar ini terbilang sulit dan memakan waktu lama untuk menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Apalagi jika hanya mengandalkan pola distribusi konvensional, yakni melalui jalan darat dan laut saja.
 
"Oleh karena itu, perlu solusi yang efektif dan efisien dengan bantuan teknologi internet untuk mempercepat jangkauan materi belajar dan tenaga pendidik ke seluruh pelosok negeri,” ujar Amanda.
 
Amanda mengatakan, untuk merumuskan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam menciptakan SDM unggul di masa depan menjadi pekerjaan besar bersama. "Program #SemuaBisaZenius dapat turut membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul," terang Amanda.
 
Melalui program ini, kata Amanda, dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran yang merata bagi semua masyarakat tanpa memandang latar belakang ekonomi.
 
“Salah satu yang kami lakukan adalah membuka akses video pembelajaran seluas-luasnya bagi anak bangsa, semoga semua pelajar dan pembelajar di Indonesia bisa belajar sesuai dengan minat dan bakatnya,” ujar Amanda.
 
Sebanyak80.000 video pembelajaran yang ada di platform Zenius, kata Amanda, kini dapat diakses pelajar dan pembelajar dari seluruh Indonesia. Pembelajaran yang bisa diakses melalui website maupun aplikasi ini mengusung tema Bebas Akses bagi Seluruh pelajar, pembelajar, pengajar, dan semua pelaku pendidikan di Indonesia.
 
Sabda PS, Co-Founder Zenius Education menjelaskan, video pembelajaran Zenius ini dapat diakses bebas biaya. Harapannya, program ini dapat memberikan manfaat lebih besar, lebih mendalam, dan manfaat ini bisa menjangkau lebih luas para pelajar, pembelajar, guru, maupun pelaku dunia pendidikan di seluruh Indonesia.
 
Ia menjelaskan, selama 15 tahun pendekatan belajar dengan teknologi yang mengutamakan pemahaman konseptual dan pembentukan daya nalar telah dilakukan Zenius. "Sehingga kompetensi dasar yang ingin dibentuk adalah pemahaman mendalam mengenai konsep keilmuan, bukan hanya soal mengingat dan menghafal," terang Sabda.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif