Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi
Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi

Gratis, Biaya Pendidikan 41 Sekolah Swasta Kota Semarang

Pendidikan Biaya Pendidikan
Antara • 17 Januari 2020 21:10
Semarang: Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menggratiskan biaya pendidikan di 41 sekolah swasta di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut. Kebijakan ini berlaku mulai tahun ajaran 2020/2021.
 
Menurut Hendrar, 41 sekolah yang digratiskan tersebut merupakan tahap pertama dari program sekolah swasta gratis. Sebanyak41 sekolah tersebut terbagi atas 7 TK, 14 SD dan 20 SMP.
 
Hendrar menjelaskan, sekolah swasta gratis ini merupakan terobosan setelah sebelumnya program gratis biaya pendidikan untuk sekolah negeri. Ia menuturkan program sekolah gratis ini sejalan dengan program Presiden Joko Widodo untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang kurang mampu bisa memperoleh kesempatan untuk menempuh pendidikan," katanya.
 
Selain sekolah swasta gratis, Pemerintah Kota Semarang juga menyiapkan ribuan beasiswa bagi siswa sekolah negeri maupun swasta mulai dari tingkat SD hingga SMA. Beasiswa ini nantinya difokuskan untuk siswa berprestasi dari keluarga miskin.
 
Sebelumnya diberitakan, Dinas Pendidikan Kota Semarang, Jawa Tengah menggodok program sekolah gratis di sekolah-sekolah swasta. Rencananya, anggaran sekolah gratis dari Pemerintah Kota Semarang mulai masuk ke sekolah-sekolah swasta per 1 Januari 2020.
 
"Berlaku Januari, anggaran sudah ditransfer ke masing-masing sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, Senin, 25 November 2019.
 
Menurut Sapto, anggaran untuk program sekolah swasta gratis berjumlah Rp5,4 miliar. Uang itu rencananya akan disalurkan ke lima sekolah 7 Taman Kanak-kanak (TK), 20 SD, dan 14 SMP.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif