Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Dikti Wilayah 4 Uman Suherman. Foto:  Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Dikti Wilayah 4 Uman Suherman. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Pengajuan Prodi Baru Pertimbangkan Rekam Jejak Kampus

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Candra Yuri Nuralam • 28 November 2019 12:44
Bandung: Pengajuan penambahan program studi (prodi) kini tidak lagi harus diurus ke pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melainkan cukup dilakukan melalui Lembaga Layanan Pendidikan Dikti Wilayah secara daring. Namun, pengajuan prodi baru tidak lagi hanya memperhatikan syarat administrasi, tapi juga rekam jejak kampus yang bersangkutan.
 
"Sebuah kampus untuk menambah prodi syaratnya minimal baik, karena itu jadi syarat saat buka prodi baru, kita juga harus lihat rekam jejak mereka," kata Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Dikti Wilayah 4 Uman Suherman, di Galeri Orbital, Dago, Bandung, Kamis, 28 November 2019.
 
Uman mengatakan, pihaknya saat ini sudah diberikan kewenangan baru untuk pengurusan penambahan prodi kampus. Hal ini berdasarkan kebijakan Menteri dan dirjen kelembagaan tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"LLDikti kewenangannya saat ini ditambah, kita pada awalnya semua urusan harus diurus ke pusat maka sekarang bisa dilakukan di LLDikti," ujar Uman.
 
Dia mengatakan, saat ini sistem penambahan prodi juga sudah bisa dilakukan secara daring. Namun ada beberapa persyaratan yang harus ditaati terlebih dahulu.
 
Salah satunya terkait dengan kelembagaan hukum dan akreditasi.
"Maka pembukaan prodi baru tinggal identifikasi LLDikti terutama yang menyangkut aspek hukum, kalau itu mencukupi semua aspek kita rekomendasi tinggal upload (unggah)," tutur Uman.
 
Persyaratan itu tidak akan bisa terpenuhi jika kampus masih berantakan dalam mengurus prodi yang sudah ada. Dia menyarankan kampus untuk membenahi prodi yang sudah ada terlebih dahulu, sebelum meminta pertambahan.
 
"Tapi kalau suatu kampus ada prodinya yang belum terakreditasi mau nambah, ya jangan dulu lah, urusin dulu yang ada," ucapnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif