Penyerahan beasiswa untuk pelajar Ethiopia.
Penyerahan beasiswa untuk pelajar Ethiopia.

Indonesia Beri 100 Beasiswa Kesehatan untuk Mahasiswa Ethiopia

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 17 September 2019 13:37
Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia akan memberikan beasiswa D-3 Keperawatan kepada 50 hingga 100 pelajar Ethiopia. Sebanyak 100 penerima beasiswa tersebut akan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Nazhatut Thullab, Jawa Timur di tahun ajaran 2020-2021.
 
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Al Busyra Basnur mengatakan, pemberian beasiswa Ethiopia ini merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi Indonesia dalam membina hubungan bilateral kedua negara. Khususnya di bidang Pendidikan keperawatan dan dalam rangka mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Ethiopia.
 
“Ke depan kita harapkan Indonesia dapat berkontribusi lebih besar bagi kemajuan dunia keperawatan di Ethiopia, termasuk mengirim perawat,” kata Al Busyra Basnur dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Selasa 17 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beasiswa diberikan oleh Yayasan Nazhatut Thullab Prajan Camplong Sampang, Jawa Timur sebagai pengelola STIKES Nazhatut Thullab yang juga merupakan sebuah pondok pesantren. Beasiswa bagi mahasiswa Ethiopia ini merupakan terobosan baru yang perlu diapresiasi dan dicontoh oleh banyak pihak di Indonesia.
 
“Indonesia memiliki peluang kerja sama yang besar di bidang keperawatan dengan Ethiopia, khususnya dalam capacity building yaitu mengirim perawat Indonesia melatih calon perawat Ethiopia serta hibah alat-alat kesehatan dan obat-obatan ke rumah sakit pemerintah,” ujarnya.
 
Tenaga medis dan kesehatan di negara Afrika itu memang sangat dibutuhkan. Angka jumlah tenaga medis masih tak sebanding dengan rasio jumlah penduduk Ethiopia secara keseluruhan.
 
“Saat ini Ethiopia membutuhkan tenaga perawat yang banyak untuk pelayanan kesehatan. Rasio jumlah perawat dan penduduk Ethiopia saat ini adalah 1 berbanding 4.500 orang,” tutupnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif