Siswa tengah mengerjakan UNBK, MI/Panca Syurkani
Siswa tengah mengerjakan UNBK, MI/Panca Syurkani

Sejumlah SMP di Yogyakarta Menumpang UNBK

Pendidikan ujian nasional
Ahmad Mustaqim • 22 April 2019 10:19
Yogyakarta: Sebanyak 7.993 siswa SMP di Kota Yogyakarta akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai hari ini, senin, 22 April 2019. Dinas Pendidikan setempat memastikan sekolah-sekolah yang bersangkutan sudah melakukan persiapan matang.
 
Namun Kepala Bagian Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Dedi Budiono menjelaskan ada sejumlah SMP yang masih menumpang UNBK di sekolah lain. Situasi ini harus dijalani, lantaran sejumlah sekolah itu belum memiliki fasilitas laboratorium komputer yang memadai.
 
Beberapa SMP yang masih numpang untuk UNBK yakni SMP Bhinneka, SMP Gotong Royong, SMP Bopkri 10, dan SMP 17-1. "Sekolah-sekolah ini siswanya tidak terlalu banyak," kata dia saat dihubungi pada Minggu, 21 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Dedi, situasi ini hampir sama dengan tahun sebelumnya. Meski demikian, ia menilai siswa di SMP yang akan menumpang UNBK telah diberikan persiapan dengan baik.
 
"Jadi, sekolah dan siswa sudah siap. Komputer juga sudah cukup. Hanya ada beberapa sekolah memang yang masih menumpang," ujarnya.
 
Baca:38 SMK di Kabupaten Garut Nebeng UNBK
 
Ia mengungkapkan, UNBK SMP tetap dilaksanakan dalam dua sesi. Ini sudah termasuk dengan siswa yang menjalani UNBK di sekolah lain.
 
Dedi juga menyatakan lembaganya telah melakukan sinkronisasi dari aspek teknis hingga sejumlah persiapan lain. Salah satunya yakni memastikan agar soal-soal UNBK bisa terakses dengan mudah.
 
"Besok siswa tinggal log in saja. Nanti juga akan ada helpdesk, sehingga sekolah-sekolah yang memiliki kendala tetap bisa dilayani. Kami juga meminta sekolah agar menyiapkan jenset mengantisipasi jika ada listrik padam," kata dia.
 
Ia mengimbau agar seluruh siswa SMP dalam mengerjakan UNBK tetap fokus. Dinas Pendidikan setempat akan berusaha maksimalagar UNBK bisa berjalan normal dan lancar.
 
"Siswa kami harapkan bisa menjaga kesehatan. Ini penting. Kami ingin anak-anak bisa meraih hasil optimal," ucapnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif