44 IBT Diperkuat Kelembagaannya Sepanjang 2018

Pertumbuhan Inkubator Bisnis Masih Terpusat di Jawa

Intan Yunelia 04 Desember 2018 08:31 WIB
inovasi
Pertumbuhan Inkubator Bisnis Masih Terpusat di Jawa
Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo, Medcom.id/Intan Yunelia.
Jakarta: Pertumbuhan Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) di Indonesia mulai berkembang pesat.  Namun sayang, pertumbuhannya belum merata, masih terpaku di pulau Jawa. 

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo mengatakan sepanjang 2018 ini saja tercatat sudah 44 inkubator bisnis teknologi yang diperkuat kelembagaannya.


"Sampai tahun 2018 ini telah diperkuat kelembagaan 44 inkubator bisnis teknologi serta penumbuhan lima inkubator bisnis teknologi yang baru," kata Patdono dalam Forum Nasional Inkubator Bisnis Teknologi: Menuju Inovasi Industri 4.0, di Hotel Ayana Midplaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin 3 Desember 2018.

Baca:  Mobil Urban Listrik UMM Pecahkan Rekor Dunia

Namun Patdono mengakui, pertumbuhan inkubator baru ini masih terpaku di Pulau Jawa. Masih banyak wilayah Indonesia yang belum tersedia Inkubator Bisnis Teknologi (IBT).

“Sejak tahun 2018, Kemenristekdikti memfasilitasi pendirian IBT baru di beberapa daerah yang belum memiliki IBT,” ujar Patdono.

Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) merupakan sebuah Lembaga intermediasi yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan wirausaha pemula atau startupberbasis teknologi selama periode tertentu. Peran IBT ini meliputi pendampingan dan pelayanan yang sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2013, yaitu tentang Inkubator Wirausaha, dan Permenkop dan UKM Nomor 24 Tahun 2015 tentang NSPK Inkubator Wirausaha.

“Di era industri 4.0 yang menuntut adanya sumber daya manusia yang kompetitif, dan profesional, serta inovatif terhadap teknologi, dapat dilakukan dengan pengembangan startupdan inkubasi bisnis,” papar Patdono.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id