Menristekdikti. Mohamad Nasir, Medcom.id/Intan Yunelia.
Menristekdikti. Mohamad Nasir, Medcom.id/Intan Yunelia.

Kemenristekdikti Kirim Kapal Riset ke Perairan Karawang

Pendidikan Lion Air Jatuh
Intan Yunelia • 30 Oktober 2018 17:04
Jakarta: Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengirim kapal riset Baruna Jaya ke perairan Karawang, Jawa Barat. Kapal berteknologi canggih ini membantu proses pencarian korban pesawat Lion Air JT 610. 

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir  mengatakan kapal berteknologi canggih ini mampu mendeteksi objek di kedalaman 1000 meter di dasar laut. 

“Satu unit kapal sudah dikirim. Untuk kapal riset ini ada dua, dan satu ini yang paling bagus,” kata Nasir usai konferensi pers Empat Tahun Capaian Kinerja Kemenristekdikti dari Unsur LPNK’ di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Selasa, 30 Oktober 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Pencarian Korban dan Puing Pesawat Diperluas Kapal riset ini dilengkapi sejumlah peralatan canggih. Kapal akan fokus mencari badan pesawat, korban, dan kotak hitam (black box) pesawat. 

“Baruna Jaya punya Remote Operated Vehicle (ROV), yang  bisa mendeteksi sampai di kedalaman 1.000 meter,” ujar Nasir.

Kapal riset ini sebelumnya ditugaskan di Palu dan Donggala, Sulewasi Tengah. Untuk mendeteksi gempa dan tsunami di Sulteng.

“Baru sampai kemarin, satu hari yang lalu.  Langsung ada bencana ini lagi, berangkat tadi malam,” tutur Mantan rektor terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini.


(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi