Mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika Institut Teknologi Bandung Muhammad Faisal Anshory menjadi First Winner of Esri Young Scholar Award 2022. DOK ITB
Mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika Institut Teknologi Bandung Muhammad Faisal Anshory menjadi First Winner of Esri Young Scholar Award 2022. DOK ITB

Teliti Manfaat Panel Surya di Rumah, Mahasiswa ITB Ini Sabet First Winner Esri Young Scholar Award 2022

Pendidikan penelitian prestasi mahasiswa ITB
Renatha Swasty • 28 April 2022 12:21
Jakarta: Mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Faisal Anshory menjadi First Winner of Esri Young Scholar Award 2022. Hasil itu didapat lewat riset berjudul Personalized Advantages of Solar Panel for Home in Bogor.
 
Faisal mengangkat topik terkait perhitungan manfaat penggunaan panel surya di bangunan rumah tangga Kota Bogor.
 
“Jadi, di sini saya menghitung dan mengestimasi suatu bangunan, bisa menghasilkan listrik sebanyak apa? Menghasilkan uang seberapa? Dan besaran energi yang akan dikurangi apabila dibandingkan dengan penggunaan listrik konvensional, yaitu energi fosil,” kata Fasial dikutip dari laman itb.ac.id, Kamis, 28 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faisal berharap lewat riset ini bisa mencerdaskan masyarakat. Khususnya penggunaan panel surya sangat bermanfaat.
 
“Indonesia sedang gencar menggunakan panel surya di rumah, di mana orang bisa menjual kelebihan energinya ke PLN dan bisa dijual kembali ke orang lain yang membutuhkan listrik,” ujar Faisal.
 
Dia juga ingin masyarakat Bogor mengerti keuntungan saat memakai panel surya. Faisal berharap masyarakat bisa mendapat gambaran transisi ke energi yang lebih bersih dan proyek ini bisa diterapkan di kota lain.
 
Faisal mengungkapkan ide penelitian berawal dari informasi di berita ihwal listrik yang dihasilkan dari panel surya bisa dijual ke PLN. Faisal penasaran dan mulai mencoba.
 
“Dari rasa penasaran ini, saya ingin tahu sebenarnya bangunan kita itu cocok atau tidak dan apakah kita bisa menghasilkan uang dari sana,” ujar Faisal.
 
Faisal mengaku menghadapi berbagai kendala saat menyelesaikan penelitian ini. Kendala-kendala itu berasal dari berbagai aspek, seperti teknis dan keterbatasan data lantaran bangunan Kota Bogor masih belum digitasi.
 
“Masalah di awal itu ada keterbatasan data, jadinya harus ngembangin teknologi pendeteksi otomatis, terus saya kembangin di bidang lingkungan untuk pemanfaatan solar panel, alhasil banyak belajar hal baru di bidang lain untuk mengkombinasikannya dengan ilmu geospasial yang sudah dipelajari di kampus,” ujar dia.
 
Selain itu, presentasi di hadapan ahli juga tidak mudah. “Di situ ada tantangan tersediri untuk menjelaskan apa yang sudah kita lakukan kepada orang yang sudah ahli di bidang masing-masing,” tambahnya.
 
Faisal mengaku tidak menyangka bisa menang. Apalagi, melihat kompetitor juga membawa ide yang menarik. Namun, hal itu tak menyurutkan semangatnya.
 
“Yang penting sudah berusaha,” kata Faisal.
 
Sebelumnya, Faisal pernah mengikuti lomba yang sama, namun dia belum berhasil lolos menjadi finalis. Faisal mengingatkan mahasiswa lain yang sedang berjuang untuk tidak mudah menyerah.
 
“Jangan menyerah, karena kalau dari saya sendiri, meskipun tahun lalu mencoba namun gagal jadi finalis, namun sekarang bisa berubah hasilnya,” tutur dia.
 
Esri Young Scholar Award merupakan kompetisi yang diadakan ESRI. Perusahaan itu merupakan penyedia perangkat lunak, seperti ArcGIS dan ArcMap. Kompetisi ini merupakan ajang adu proyek riset yang berhubungan dengan pemanfaatan di bidang geospasial.
 
Proyek ini diharapkan mampu menyelesaikan suatu masalah dengan teknologi yang ditawarkan ESRI. Ajang ini sangat prestisius dengan segudang benefit yang didapat, salah satunya memungkinkan pemenang menjadi wakil Indonesia di konvensi GIS dunia.
 
Baca: Mahasiswa ITB Ciptakan Depression Test, Alat Deteksi Stres dari Urine
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif