Ilustrasi PTM Terbatas. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Ilustrasi PTM Terbatas. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Sulsel Lengkapi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Muatan Lokal

Pendidikan Kurikulum Pendidikan Sulawesi Selatan Kurikulum Kurikulum Merdeka
Antara • 15 Mei 2022 12:03
Makassar:  Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pendidikan segera melengkapi kurikulum Merdeka Belajar dengan muatan lokal.  Khususnya yang berkenaan dengan pembangunan karakter seperti kurikulum lokal agama.
 
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad mengatakan, bahwa pada sektor pendidikan, kebijakan pemerintah pusat telah jelas.  Yakni mulai mengimplementasikan Merdeka Belajar sesuai dengan tema Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) tahun ini adalah sistem perubahan Merdeka Belajar.
 
"Maka kita berusaha melengkapi kurikulum Medeka Belajar dengan kurikulum muatan lokal. Jadi sekolah-sekolah itu sudah secara bertahap ada klasifikasinya, mulai menerapkan dari sisi kurikulum," ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kata Aswad, kurikulum lokal yang terkait dengan penguatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga dilakukan berdasarkan potensi daerah setempat.  "Di SMK, kita juga mulai sekarang membangun sebuah produksi tidak hanya unit pembelajaran juga sebagai unit produksi. Makanya kita sedang menyusun badan layanan umum daerah (BLUD)," ujarnya.
 
Sementara pada jenjang SMA, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman telah meminta pemerataan kualitas pelayanan proses pembelajaran di satuan pendidikan dengan menerapkan Smart School.  Hal itu merupakan salah satu upaya untuk menyediakan sumber belajar yang relatif sama pada semua sekolah, yaknj berbasis pada pendekatan digital.
 
Termasuk SMA di Makassar dengan SMA di daerah kabupaten.  "Dari kualitas hasil belajar, anak-anak bisa terserap ke berbagai perguruan tinggi berkualitas, maupun pasar kerja atau membuat wirausaha," ujar dia.
 
Baca juga:  Nadiem: Kurikulum Merdeka Akan Diterapkan di 140 Ribu Sekolah Tahun Ini
 
Menurut Aswad, potret pendidikan Sulsel mulai progresif. Hanya saja perlu dilakukan upaya akselerasi memeratakan kualitas layanan pendidikan dan hasil pembelajaran.
 
"Perlu ada upaya yang segera dilakukan untuk menguatkan SDM, pendidikan kejuruan dikolaborasi serta pemerataan kualitas layanan pendidikan," ujarnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif