Mahasiswa Yarsi membantu menyusun bibliografi di TBM Bukit Duri Bercerita. Foto: Dok pribadi
Mahasiswa Yarsi membantu menyusun bibliografi di TBM Bukit Duri Bercerita. Foto: Dok pribadi

Mahasiswa Yarsi Bagikan Cara Input Bibliografi Tingkat Komunitas

Pendidikan pendidikan perpustakaan Pendidikan Tinggi
Medcom • 08 Desember 2021 22:35
Jakarta: Menyusun bibliografi bukan perkara mudah. Tak hanya di perpustakaan besar, penyusunan bibliografi pun dibutuhkan di tingkat komunitas. Tujuannya adalah untuk merapikan koleksi buku.
 
Hal inilah yang ditangkap empat mahasiswa tingkat akhir Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Yarsi. Keempatnya membantu komunitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita  menginput bibliografi dari koleksi yang ada.
 
Keempatnya juga memperkenalkan sirkulasi bibliografi dari koleksi yang ada dan memberi contoh pencetakan label dan barcode untuk koleksi bahan pustaka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berbagi ilmu tentang penggunaan SLiMS (Senayan Library Management System) di TBM Bukit Duri Bercerita," kata Kemal Seno Radhoto, mahasiswa Yarsi, Rabu, 8 Desember 2021.
 
SLiMS adalah sistem automasi perpustakaan sumber terbuka atau open source. Aplikasi ini dikembangkan pemerintah sejak 2009.
 
Kemal datang bersama Arsila Hendarwati, Dani Awaludin Nasrullah, dan Dhea Ayu Susilawati. Keempatnya datang dalam rangka melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.
 
Dhea Ayu mengatakan program pendidikan SLiMS penting diterapkan di komunitas. Karena, kata dia, metode ini memudahkan pengelola dalam mengolah koleksi buku yang ada. Memudahkan pengelola mengatur koleksi buku.
 
"Teknologi informasi dalam hal ini aplikasi SLiMS mempermudah TBM Bukit Duri Bercerita memperluas aksesibilitas untuk seluruh masyarakat di wilayah Bukit Duri, DKI, dan bahkan seluruh Indonesia,” kata Dhea.
 
Baca: Guru Madrasah Dapat Akses Gratis Buku dan Jurnal di Perpusnas
 
Pendiri TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih, mengatakan komunitasnya membuka diri bagi kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi. Tak terkecuali komunitas dan pegiat literasi lainnya.
 
"Kami berterima kasih atas kunjungan mahasiswa Yarsi yang ikut membantu bibliografi buku koleksi TBM kami yang cukup banyak," kata dia.
 
Kegiatan di TBM Bukit Duri Bercerita terdokumentasi juga di website www.bukitduri.com. Masyarakat umum bebas untuk mengaksesnya.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif