NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Sumaryanto Bronto
Ilustrasi. Foto: MI/Sumaryanto Bronto

Tujuh Pilihan Aplikasi Belajar Online Selain Rumah Belajar

Pendidikan Virus Korona
Ilham Pratama Putra • 16 Maret 2020 13:58
Jakarta: Sebagai langkah pencegahan virus korona atau coronavirus disease (covid-19) kemendikbud menyediakan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android melalui laman Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id.
 
Beberapa fitur unggulan di dalam Rumah Belahar dapat diakses oleh peserta didik dan guru. Dalam portal tersebut, terdapat fasilitas Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal.
 
Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Namun Kemendikbud tidak sendiri dalam menggelar belajar daring.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dukungan juga datang dari tujuh aplikasi belajar daring swasta. Bahkan mereka menyediakan layanannya secara gratis.
 
Beberapa pihak swasta yang digandeng mengembangkan sistem belajar secara daring di antaranya, Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius.
 
Direktur Sekolahmu, Radinka Qiera menyebut, pihaknya menyelenggarakan pembelajaran kelas maupun karier dengan berkolaborasi bersama ratusan sekolah dan organisasi. Pembelajaran daring ini ditujukan bagi seluruh murid, guru, bahkan orang tua.
 
Radinka mengatakan, program-program yang disediakan Sekolahmu telah dirancang dengan sangat baik. Dia menyebut program Sekolahmu disusun oleh tim akademik yang berpengalaman dalam menerapkan pembelajaran berbasis kompetensi.
 
"Sekolahmu akan menyediakan layanan pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup karena covid-19 secara gratis. Kami juga memfasilitasi sekolah dan guru untuk tetap dapat mengajar sesuai kurikulum yang dibutuhkan secara fleksibel," jelas Radinka.
 
Sementara itu, CEO Zenius, Rohan Monga menyatakan, platform-nya turut membantu siswa dalam mempersiapkan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Zenius pun merumuskan cara untuk membantu anak belajar mandiri di rumah yang efektif dan efisien, terarah dan terukur.
 
“Kami siap membantu kelancaran proses pembelajaran dengan memberikan akses gratis ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran agar siswa bisa mendapatkan proses belajar mandiri yang terstruktur," ujar Rohan merespons ajakan kolaborasi dari Mendikbud, Nadiem Makarim.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif