Konferensi Pers Ujian Nasional (UN) 2018/2019, Medcom.id/Intan Yunelia.
Konferensi Pers Ujian Nasional (UN) 2018/2019, Medcom.id/Intan Yunelia.

Siswa Pelaku Kecurangan UNBK Ikut Ujian Perbaikan

Pendidikan ujian nasional
Intan Yunelia • 07 Mei 2019 19:27
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberikan sanksi kepada siswa penyebar soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA beberapa waktu lalu. Siswa yang bersangkutan mengikuti ujian perbaikan setelah nilainya dinolkan.
 
"Perbaikan itu koreksi, artinya disurat ujian sebelumnya ia mendapatkan nol. Nanti dikasih lagi surat keterangan hasil ujian koreksi," kataInspektur Jenderal Kemendikbud, Muchlis R. Luddin saat Konferensi Pers tentang Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019, di Senayan, Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Menurut Muchlis, siswa yang bersangkutan akan memperbaiki mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ujian perbaikan ini berbeda dengan ujian susulan. Nanti ada keterangan khusus ujian perbaikan di soal ujiannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Susulan itu bagi mereka yang tidak ikut karena sakit," ujar Muchlis.
 
Baca:
Nilai Rata-rata UN SMA dan SMK Naik Tipis
 
Siswa yang bersangkutan sudah terverifikasi melakukan tindak kecurangan. Di antaranya keterangan dari pengawas, guru dan orangtua yang bersangkutan.
 
"Dari orangtua, guru, pengawas, dan kepala sekolah. Memang ia mengaku, memotret. memang ada kelemahan dalam sistem pengawasan kita," jelas Muchlis.
 
Kelemahan pengawasan itu yang menjadi bahan evaluasi penyelenggaraan UNBK tahun depan. Ia memastikan pengawasan akan lebih ketat, terutama soal perangkat elektronik.
 
"Itu yang menjadi satu masukan dan bahan evaluasi. HP memang dikumpulkan, tapi ada yang lolos. Sebab itu tidak banyak," jelasnya.
 
Sebelumnya, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menerima laporan dugaan kebocoran soal dan jawaban mata pelajaran Matematika di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA. Soal tersebar melalui percakapan di grup jejaring media sosial Line.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif