Ilustrasi pendaftaran. Medcom
Ilustrasi pendaftaran. Medcom

Wajib Tahu! Ini Perbedaan SNBP dan SNMPTN

Medcom • 25 November 2022 18:09
Jakarta: Sobat Medcom pasti sudah tidak asing dengan istilah SNMPTN. Tapi kalian sudah tahu belum pada 2023, SNMPTN yang kita kenal sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, nantinya akan berganti nama menjadi SNBP – Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi.
 
Meski pada dasarnya sama, terdapat beberapa hal penting yang membedakan keduanya. Lantas apa sih yang membedakan keduanya? Langsung simak artikel berikut ini ya!

1. Komponen penilaian

Hal yang membedakan antara SNMPTN dan SNBP adalah komponen penilaian. Sebelumnya, pada SNMPTN, penilaian rapor yang digunakan hanya memperhitungkan nilai-nilai mata pelajaran tertentu saja. Contohnya, apabila kalian merupakan jurusan IPA, nilai rata-rata rapor yang akan digunakan SNMPTN adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi.
 
Sementara itu, untuk SNBP 2023 membutuhkan nilai seluruh mata pelajaran dari rapor. Nilai rapor siswa yang mengikuti SNBP memiliki bobot paling sedikit 50 persen. Selain itu, komponen lainnya yang menjadi penilaian pada SNBP 2023 juga mencakup portfolio dan/atau prestasi lainnya.

2. Peran Kampus

Berdasarkan Permendikbudristek RI Nomor 48 Tahun 2022, salah satu ketentuan penilaian SNBP 2023 adalah peran dari pihak kampus. Meski terlihat tidak begitu berbeda, SNMPTN dan SNBP memiliki persyaratan berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam menentukan komponen penilaian SNBP, pihak kampus diperbolehkan untuk menambahkan persyaratan komponen penilaian terhadap jurusan-jurusan tertentu yang memerlukan keterampilan spesifik. Seperti jurusan seni dan olahraga yang mana siswa diharapkan menyiapkan portfolio sebagai pelengkap dokumen penyeleksian SNBP 2023.
 
Meski terlihat tidak begitu berbeda, SNMPTN dan SNBP memiliki persyaratan berbeda. Pada SNBP 2023, kampus memiliki kesempatan menambahkan persyaratan komponen penilaian terhadap jurusan-jurusan tertentu yang memerlukan.

3. Pengelola seleksi

Perbedaan mencolok di antara kedua proses seleksi tersebut adalah dari lembaga pengelola seleksi. Dahulu, SNMPTN dikelola oleh LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Sedangkan pada SNBP 2023 yang akan menjadi lembaga penyelenggara ialah BP3 atau Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) – lembaga di bawah naungan Kemendikbudristek.
 
Pengumuman SNBP 2023 juga diperkirakan tetap dilaksanakan sebelum SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Pelaksaan tes tersebut diberlakukan pada semester genap, diperkirakan sebelum atau sesudah pengumuman kelulusan sekolah. 
 
Bagaimana Sobat Medcom? Sekarang sudah tahu kan apa saja yang membedakan antara SNMPTN dan SNBP 2023. Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi pendidikan lainnya, jangan lupa untuk terus mengikuti Medcom, ya! Semoga Membantu. (Gracia Anggellica)
 
Baca juga:  Catat Gaes! Ini Jadwal Resmi SNBP dan UTBK-UTBK-SNBT 2023

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif