Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto. Dok Medcom.
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto. Dok Medcom.

Kemendikbudristek Minta Seluruh Politeknik Upgrade Prodi D3 ke D4

Pendidikan Pendidikan Vokasi Kebijakan pendidikan Program Pendidikan Vokasi Politeknik
Antara • 26 Januari 2022 22:08
Banjarmasin: Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto meminta politeknik meningkatkan program studi (Prodi) Diploma 3 (D3) menjadi D4. Politeknik dinilai harus berani karena sudah ada payung hukum.
 
"Saya berharap seluruh diploma 3 (D3) di politeknik di upgrade menjadi sarjana terapan atau D4," ujar Wikan saat mengunjungi Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan, Rabu, 26 Januari 2022.
 
Menurut dia, jika level dinaikkan, maka lulusan politeknik akan lebih berkualitas. Terlebih, pemerintah menyediakan dana hibah insentif miliaran rupiah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebab kita perkirakan 90 persen, alumni D3 itu akhirnya ambil D4 lagi, jadi lebih baik tidak ada lagi D3 itu," ujarnya.
 
Baca: Kemendikbudristek dan NVIDIA Kolaborasi Bangun Ekosistem AI Pendidikan Tinggi
 
Dia meminta Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) yang merupakan perguruan tinggi vokasi terbesar di Provinsi Kalsel, benar-benar melakukan link and match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) secara menyeluruh.
 
"Dengan konsep tadi itu beberapa item yang sudah saya sampaikan di kampus ini, di antaranya kurikulum diselaraskan, praktis mengajar, magang 1 semester dan sertifikat kompetensi," ujarnya.
 
Wikan mengakui Politeknik Negeri Banjarmasin sudah menjalankan semua item itu. Namun, pihaknya ingin pendidikan di Poliban lebih naik level lagi, yaitu melakukan projek sebenarnya bagi studi praktik mahasiswa.
 
"Jadi ambil konsumen dari industri, bawa ke kelas, mengerjakan proyek beneran, mereka bisa bekerja mandiri dengan tim, hingga menghasilkan produk yang memuaskan konsumen, jika konsumen tidak puas, tidak lulus," ucapnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif