Poster Pajang Karya KamiSketsa GalNas. Foto: Dok. Kemendikbudristek/Galnas
Poster Pajang Karya KamiSketsa GalNas. Foto: Dok. Kemendikbudristek/Galnas

'Pajang Karya KamiSketsa GalNas' Digelar Kembali, Catat Jadwalnya

Pendidikan pameran lukisan kesenian Kebudayaan Kemendikbudristek
Citra Larasati • 22 April 2022 08:18
Jakarta:  Galeri Nasional Indonesia (GNI) kembali menyelenggarakan kegiatan Pajang Karya KamiSketsa GalNas yang bertajuk "Gestur dan Ruang" pada 21 April–26 Mei 2022, di Bilik KamiSketsa Galnas. Kegiatan ini menampilkan 15 karya pilihan dua penggiat sketsa sekaligus anggota KamiSketsa Galnas yakni Kedsu (Usdeki) dan Cak Likin (Moch. Solihin).
 
Karya-karya tersebut dikerjakan selama tahun 2022 dan dikuratori oleh Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara.  “Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Pajang Karya KamiSketsa GalNas putaran pertama yang mendapatkan respons positif, baik dari para penggiat sketsa maupun masyarakat umum,” kata Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto, dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat, 22 April 2022.
 
Dalam tulisan kuratorial Zamrud dan Teguh, "Gestur dan Ruang" mempertemukan tarikan garis Kedsu yang lugas dan sederhana bersanding dengan sajian pembacaan ruang dan gerak bebas Cak Likin yang sarat dengan keberanian menyapu bidang dan kontras gelap terang pada lembar karyanya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zamrud mengungkapkan bahwa ketertarikan Kedsu terhadap figur manusia sebagai objek dan kepiawaiannya menangkap momen menjadi titik tolak yang sangat kuat untuk merekam dan mentransfer objek ke dalam bidang sketsa. “Kecenderungan dan ketertarikan terhadap gedung atau bangunan dilengkapi gerak dan aktivitas manusia ditampilkan Cak Likin secara lepas pada karya-karyanya,” ucap Zamrud di Jakarta.
 
Pajang Karya KamiSketsa Galnas "Gestur dan Ruang" selain memamerkan karya-karya sketsa Kedsu dan Cak Likin, juga menggelar lokakarya (workshop) “Merekam Gestur” pada 19 Mei 2022 mendatang, pukul 10.00 WIB. Untuk mengikuti lokakarya ini, para peserta dapat melakukan registrasi terlebih dulu melalui tautan https://linktr.ee/galnas.
 
KamiSketsa GalNas merupakan sebuah program bimbingan edukasi yang dikemas dalam bentuk lokakarya. Kegiatan ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia sejak 12 Oktober 2017 bertepatan dengan Hari Nasional Museum Indonesia.
 
Sebelum pandemi covid-19, lokakarya KamiSketsa GalNas dilaksanakan setiap hari Kamis mulai pukul 09.00–15.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia.  Namun, selama pandemi covid-19, kegiatan KamiSketsa GalNas dilaksanakan secara daring.
 
Dalam perkembangannya, program KamiSketsa GalNas disajikan dalam beberapa variasi kegiatan, yaitu pendalaman materi tentang sketsa dengan mendatangkan narasumber yang kompeten di bidang sketsa, baik luring di Galeri Nasional Indonesia maupun daring melalui Zoom.  Kemudian sketsa di lokasi (on the spot) yang mengajak para peserta berkunjung secara luring dan menggambar sketsa di tempat-tempat bersejarah, sekaligus mendapatkan pemanduan tentang sejarah atau kisah mengenai tempat bersejarah yang sedang dikunjungi.
 
Selain itu juga saling berbagi (sharing) antarpeserta tentang sketsa, baik luring di Bilik KamiSketsa GalNas maupun daring melalui Zoom.  Lalu sketsa bersama yang membebaskan peserta untuk mengasah kemampuan menggambar sketsa sekaligus bereksplorasi memilih objek, media, dan teknik, virtual sketch melalui Zoom, dan tantangan sketsa dengan tema tertentu melalui Instagram. 
 
Kini pada tahun 2022, KamiSketsa GalNas dikembangkan variasi kegiatannya dengan menggelar Pajang Karya. Kegiatan Pajang Karya KamiSketsa GalNas dirancang untuk dilaksanakan beberapa kali secara berkala pada tahun 2022.
 
Kegiatan ini merupakan tahapan lanjutan dari Program KamiSketsa GalNas yang telah dilaksanakan.  Pada edisi perdana, digelar Pajang Karya KamiSketsa GalNas "Gores Hitam Putih Iwan Widodo” pada 24 Maret-14 April 2022 di Bilik KamiSketsa GalNas, dikuratori oleh Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara.
 
Sebelumnya, KamiSketsa GalNas berada pada tataran mengenal, mengetahui, mengembangkan wawasan dengan berdiskusi, dan terlibat langsung dalam proses kreatif menciptakan suatu karya seni atau praktik membuat sketsa.  Pada Pajang Karya KamiSketsa GalNas ini, para peserta KamiSketsa GalNas diajak untuk meningkatkan pengetahuan dan informasinya tentang penyajian karya-karya sketsa dengan cara terlibat langsung dalam menyiapkan dan mempresentasikan karya sketsa mereka untuk dapat diapresiasi oleh publik. 
 
Baca juga:  Basoeki Abdullah Art Award Kembali Digelar, Sasar Seniman Muda Usia 17-30 Tahun
 
Dengan adanya pengembangan KamiSketsa GalNas dalam bentuk pajang karya, para peserta KamiSketsa GalNas semakin tertantang untuk meningkatkan kreativitas, baik dalam hal menciptakan karya seni khususnya sketsa, maupun proses dan manajerial untuk mempresentasikan karyanya secara layak ke hadapan publik.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif