Peserta magang BPOM saat berada di Laboratorium SBL-3 LPT UNAIR. Foto: Dok. Pribadi
Peserta magang BPOM saat berada di Laboratorium SBL-3 LPT UNAIR. Foto: Dok. Pribadi

BPOM Belajar Pengembangan Laboratorium BSL-3 di UNAIR

Pendidikan BPOM Magang UNAIR
Citra Larasati • 22 Januari 2022 15:59
Jakarta:  Lembaga Penyakit Tropik Universitas Airlangga (LPT UNAIR) dipercaya menjadi tempat magang staf dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Permohonan magang itu diajukan langsung oleh Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/ JICA) yang ada di Indonesia, karena ini bagian dari projek JICA – BPOM.
 
Dalam program magang itu, sebanyak dua staf BPOM belajar perihal biosafety dan biosecurity dalam penerapan kerja di Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3). Seperti diketahui, saat ini BPOM menggunakan Laboratorium BSL-2 dan akan mengembangkan Laboratorium BSL-3.
 
“Laboratorium di BPOM masih BSL-2, di sini sudah BSL-3. Pengetahuan dari sini akan digunakan untuk membangun BSL-3 di BPOM,” ucap Yus Hargono Cahyaning Yudi M.Sc, salah satu peserta magang dikutip dari laman UNAIR, Sabtu, 22 januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di LPT UNAIR, Yus bersama rekan lain melakukan magang selama tiga hari terhitung sejak 19-21 Januari 2022. Biosafety, lanjut Yus, mempelajari cara dan stretegi agar penguji tidak terkena bahan yang berbahaya saat berada di laboratorium.
 
Sementara biosecurity adalah strategi untuk mencegah patogen penyebab penyakit memasuki atau keluar dari suatu tempat, sehingga berisiko menyebabkan terpaparnya patogen ke manusia atau hewan lain.  “Melalui magang ini kami juga berharap bisa bekerja sama mengenai sertifikasi laboratorium dan sertifikasi bio-officer,” tambahnya.
 
Baca juga:  Mahasiswa, Waskita Karya Buka Kesempatan Magang dengan 2 Kampus di Malang
 
Sementara itu, Ketua ITD UNAIR, Maria Inge Lusida mengatakan bahwa program magang itu merupakan projek JICA – BPOM. Program Managemen Bioresiko di Laboratorium tersebut juga bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sudah berlangsung pada pekan lalu.
 
Di UNAIR peserta magang belajar segala hal tentang pengelolaan Laboratorium BSL-3, mulai bagaimana masuk, bekerja di dalamnya, proses penggatian filter, pengelolaan limbah. Mereka juga belajar dalam hal pengerjaan penelitian di laboratorium yang melibatkan mikroorganisme yang sangat berbahaya.
 
“Suatu kehormatan kami dipercaya oleh JICA untuk proses magang ini di ITD UNAIR. Selanjutnya kita bisa berkomunikasi, bertukar pengalaman dengan teman-teman BPOM, dan kami selalu welcome untuk kerja sama,” tambahnya.
 
Sebagai informasi, Laboratorium BSL-3 yang ada di LPT UNAIR sering menjadi tempat belajar karena keberadaannya yang terbatas di Indonesia. Di masa pandemi Covid-19 ini, Laboratorium BSL-3 juga digunakan untuk menguji sampel covid-19 dari berbagai daerah.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif