Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Aria
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Aria

90% SMP di Gunung Kidul Telah PTM Terbatas

Pendidikan Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka
Antara • 20 September 2021 21:09
Gunung Kidul: Sekitar 90 persen SMP di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, per 20 September 2021. Kebijakan pembukaan sekolah berlaku seiring rendahnya penambahan kasus harian covid-19 dan capaian vaksinasi bagi remaja.
 
Kepala Bidang (Kabid) SMP, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Kidul Kiswara mengatakan, tinggal beberapa sekolah lagi yang belum menggelar PTM terbatas.
 
"Ada beberapa sekolah yang belum melaksanakan PTM lantaran kendala teknis karena sebagian besar ruang kelas sedang dilakukan pembangunan rehabilitasi," kata Kiswara di Gunung Kidul, Senin, 20 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, sekolah yang saat ini sedang proses rehabilitasi adalah SMP Negeri 1 Paliyan, SMP Negeri 2 Patuk, SMP Negeri 4 Wonosari, SMP Negeri 4 Panggang, dan SMP Negeri 1 Girisubo. Sementara, salah satu sekolah yang sampai saat ini masih mematangkan persiapan PTM yakni SMPN 1 Wonosari, sedang memenuhi prosedur kelengkapan untuk PTM.
 
"Sekolah tersebut masih melaksanakan pembelajaran secara daring. Semoga rehabilitasi segera selesai, sehingga langsung bisa melaksanakan PTM," ujarnya.
 
Baca: 100 SMP di Tangerang Telah PTM Terbatas
 
Kiswara mengakui kendala dalam pelaksanaan PTM yakni pengawasan terhadap aturan jaga jarak para pelajar. Menurut dia, kondisi tersebut dipengaruhi oleh karakteristik mobilitas para pelajar yang cukup tinggi.
 
"Penerapan protokol kesehatan (prokes) di sekolah saat ini tetap aman. Kalaupun nantinya ada pelanggaran, evaluasi akan dilakukan dan bila ada pelanggaran akan kami benahi," katanya.
 
Sementara itu, Kabid SD Disdikpora Kabupaten Gunung Kidul,Sumarto mengatakan, sudah 85 persen SD yang melakukan PTM. Sebagian sekolah masih belum memulai PTM karena wilayah sekitarnya masih zona rawan penularan covid-19.
 
"Kemudian, beberapa sekolah juga terlanjur menjadwalkan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara daring. Selebihnya, pelaksanaan PTM di sekolah yang sudah memulainya dipastikan lancar," ungkapnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif