Nadiem Makarim ditunjuk sebagai Mendikbud pada Kabinet Indonesia Maju (Foto:MI/Ramdani)
Nadiem Makarim ditunjuk sebagai Mendikbud pada Kabinet Indonesia Maju (Foto:MI/Ramdani)

Nadiem Diminta Pangkas Birokrasi di Sektor Pendidikan

Pendidikan Regulasi Pendidikan
Intan Yunelia • 02 November 2019 19:22
Jakarta: Birokrasi dan sistem pendidikan di Indonesia jadi sorotan.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, diminta memangkas panjangnya birokrasi, sekaligus mengurai sistem yang berbelit.
 
"Masalah terbesar dalam pendidikan di Indonesia yaitu sistem dan birokrasi yang panjang dan tidak efisien. Tentu datangnya Nadiem dalam waktu singkat hal ini dapat diselesaikan," kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Budi Djatmiko, Sabtu, 2 November 2019.
 
Dia bilang, Nadiem perlu merombak sistem dan birokrasi menjadi lebih efisien. Budi melihat, Mendikbud sebagai pencipta aplikasi Gojek, telah 'mengamalkan' efisiensi sistem transportasi urban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, Nadiem tinggal memutar cara pandang dan mengaplikasikan hal serupa di sektor pendidikan. Hal ini tentu tak sulit, namun Budi mewanti-wanti seluruh tenaga pendidikan agar bisa menyesuaikan langkah.
 
“Datangnya Nadiem tentu akan berdampak pada cara pengelolaan dari tingkat pendidikan dasar, memengah dan pendidikan tinggi. Mereka harus mengikuti langkah dan inisiatif Nadiem yang tidak suka birokrasi, bertele-tele dan panjang,” ujar Budi.
 
Ia menilai bahwa kedatangan Nadiem sebagai Mendikbud bisa menjadi penyelamat bagi pendidikan Indonesia. Karena Budi menilai generasi Indonesia saat ini tengah hidup dalam kondisi yang gaduh.
 
“Situasi demikian membuat suara hati generasi muda terabaikan dan kerap takut mengalami kegagalan. Karenanya, Nadiem ingin memotivasi para pemuda untuk menelurkan berbagai inovasi demi kemajuan bangsa melalui menajdi Mendikbud serta memperbaiki sistem baru yang out of the box thinking,” tutupnya.

 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif