NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: ANT/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi. Foto: ANT/Indrianto Eko Suwarso

Terdampak Korona, UTBK Bakal Punya Mekanisme Pelaksanaan Darurat

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 24 Maret 2020 19:42
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim memastikan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk perguruan tinggi negeri akan tetap digelar meski masih dalam masa darurat Korona. Untuk itu saat ini tengah dikaji mekanisme 'darurat' pelaksanaan UTBK yang tepat dan mengutamakan keselamatan protokol kesehatan yang ada.
 
“Jadinya kemungkinan besar kita tunda, atau kita menemukan metode kayak rolling, shifting dan mengikuti standar protokol kesehatan yang terbaik,” kata Nadiem dalam video conference, di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Nadiem mengungkapkan, memang tidak mungkin UTBK untuk tidak dilaksanakan. Karena dari nilai UTBK itulah calon mahasiswa dapat mendaftar ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sudah pasti untuk seleksi masuk perguruan tinggi akan jalan terus. Tapi mungkin mekanisme dan jangka waktu yang berbeda, itu yang sedang kami rumuskan,” tegasnya.
 
Baca juga:Terdampak Korona, Jadwal UTBK 2020 Ditunda
 
Sebelumnya diberitakan, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku panitia penyelenggara SNMPTN/SBMPTN mengumumkan penundaan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hal itu berdampak pada mundurnya jadwal pelaksanaan UTBK 2020.
 
"Pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 20 April 2020, ditunda," kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo dalam Surat Edaran LTMPT yang diterima Medcom.id, Senin, 23 Maret 2020.
 
Pihaknya belum menentukan hingga kapan penundaan ini berlangsung. LTMPT masih mengkaji kapan pendaftaran dan pelaksanaan UTBK bakal digelar.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif