Ilustrasi. Foto: Antara
Ilustrasi. Foto: Antara

Kemendikbud: Belajar Daring Jangan Hanya Fokus pada Kognitif

Pendidikan Virus Korona Metode Pembelajaran
Ilham Pratama Putra • 26 Maret 2020 21:20
Jakarta: Banyaknya pelajar mengeluhkan proses pembelajaran daring dari rumah yang memberatkan, karena guru memberi tugas terlalu banyak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta sekolah jangan hanya fokus pada capaian akademik dan kemampuan kognitif saja, namun harus menambahkan materi kecakapan hidup.
 
Untuk itu Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Plt. Dirjen PAUD Dikdasmen) Harris Iskandar mengimbau kepada Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) untuk membuat aturan lebih rinci tentang metode pembelajaran di rumah selama masa pandemi virus Korona. Harris menyebut, perlu penekanan kembali dari Kadisdik agar metode belajar di rumah tidak hanya terpaku pada capaian akademik ataupun fokus pada kemampuan kognitif saja.
 
Guru, lanjut dia, harus memberikan pendidikan yang bermakna, begitu juga dengan orang tua. Tentu yang penting juga adalah menyampaikan pendidikan kecakapan, seperti pemahaman tentang virus Korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harus disampaikan ke anak, sehingga dia paham. Berikan pendidikan yang bermakna," kata Harris, dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Selain itu yang menjadi perhatian adalah kreativitas guru. Guru tidak hanya mengandalkan pembelajaran secara daring saja. Bukan tanpa sebab, tidak semua sudah mempunyai akses terhadap gawai ataupun daerah tempat tinggalnya belum ada akses internet.
 
Terlebih mereka yang berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). "Kami sarankan pendidikan kecakapan hidup untuk dieksplorasi, sehingga tidak harus selalu belajar secara daring," ujar Harris.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif