Rektor UI periode 2019-2024, Ari Kuncoro. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Rektor UI periode 2019-2024, Ari Kuncoro. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Ari Kuncoro Siap Lanjutkan Program Rektor UI Sebelumnya

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 04 Desember 2019 13:42
Depok: Rektor anyar Universitas Indonesia yang resmi dilantik hari ini, Rabu, 4 Desember 2019. Ari Kuncoro sebagai rektor baru periode 2019-2024 menyatakan siap melanjutkan apa yang sudah ditanam oleh rektor sebelumnya, Muhammad Anis.
 
Menurutnya, Anis telah berhasil membangun social capital atau jejaring manusia di Universitas Indonesia. "Prof. Anis meletakan social capital untuk UI, rektor berikutnya bukan pemenang tapi melanjutkan memupuk social capitaltersebut," kata Ari dalam sambutannya di Pelantikan Rektor UI Periode 2019-2024, di Kampus UI Depok, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Ari menjelaskan, social capital ini ujungnya adalah manusia. Maka kebijakan yang dibuat harus memperhatikan akar budaya manusia itu sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagaimana manusia itu berganti, sesuatu hal alamiah. Berarti harus ada nilai yang dipertahankan dan dilanjutkan dari satu kepemimpinan ke generasi lain. Kalau tidak akan mulai dari nol," terangnya.
 
Hari ini Ari Kuncoro dilantik berdasarkan Surat Keputusan Nomor 02/SK/MWA-UI/2019 tentang Pemberhentian Rektor UI Periode tahun 2014-2019 dan Pengangkatan Rektor UI Periode tahun 2019-2024.
 
Sebelumnya, Ari Kuncoro telah terpilih menjadi Rektor UI dengan memperoleh 16 suara dari 23 suara yang ada. Kemudian diikuti oleh Abdul Harris dengan tujuh suara dan Budi Wiweko dengan nol suara.
 
Hadir dalam pelantikan yang digelar di Balai Purnomo UI Kampus Depok, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Selain itu juga anggota Majelis Wali Amanat (MWA) yang juga menjabat Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif