Ananda Hafidh Rifai Kusnanto, siswa SMA Negeri 4 Surakarta peraih nilai 100 dalam UNBK 2019, yang sekarang diterima di UGM, UGM/Humas.
Ananda Hafidh Rifai Kusnanto, siswa SMA Negeri 4 Surakarta peraih nilai 100 dalam UNBK 2019, yang sekarang diterima di UGM, UGM/Humas.

Peraih Nilai Sempurna UNBK Pilih Teknik Elektro UGM

Pendidikan ujian nasional
Intan Yunelia • 22 Mei 2019 07:07
Jakarta: Peraih nilai sempurna dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Ananda Hafidh Rifai Kusnanto, 17 tahun, berhasil diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Siswa SMA Negeri 4 Surakarta ini masuk UGM melalui jalur seleksi undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
 
Hafidh adalah peraih nilai rata-rata 100 di empat mata pelajaran yang diujikan di UN 2019. Anak dari Supadmi, 50 tahun, ini mengaku tak begitu kaget diterima masuk UGM.
 
Sebab sejak jauh-jauh hari, ia sudah mempersiapkan nilai rapornya, agar selalu masuk 10 besar untuk diterima melalui jalur undangan ke universitas idamannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan usaha dan doa yang tekun, syukur bisa mendapat hasil yang maksimal," kata Ananda di Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.
 
Ananda mengaku, tidak ada trik khusus meraih nilai sempurna di UNBK sekaligus meraih beasiswa Bidikmisi di UGM. Ia hanya belajar mandiri dari bahan-bahan soal materi terdahulu, tanpa ikut les ataupun bimbingan belajar.
 
"Saya yakin akan diterima, makanya hanya memasukan satu dari dua pilihan yang tersedia saat pendaftaran SNMPTN," ujar Ananda seperti dikutip dari siaran pers.
 
Ia mengambil jurusan sesuai dengan minatnya yaitu Teknik Elektro. Ananda di kelas X juga pernah mengikuti Olimpiade Astronomi dan meraih medali perak tingkat nasional.
 
Ia masih mengikuti seleksi jika kembali terpilih, dan akan diutus mewakili Indonesia di olimpiade tingkat internasional yang digelar di Hungaria Agustus mendatang. Ibunya, Supadmi menceritakan bahwa Ananda betul-betul serius dalam menggapai cita-citanya.
 
Ia tak menyangka, dengan ekonomi keluarga yang serba pas-pasan sebagai penjual mainan, tidak menjadi halangan bagi anaknya berprestasi. "Sekali waktu Ananda pernah bercerita saat mempelajari Astronomi di SMA, ia menyadari tentang energi surya sebagai sumber daya alternatif. Dengan masuk Teknik Elektro ingin belajar membuat mesin yang bisa mewujudkan gagasan itu," terang Supadmi.
 
Baca:Hafidh, Siswa SMAN 4 Solo Peraih Nilai 100 UNBK
 
Banyak kekhawatiran yang muncul ketika mengetahui anaknya diterima kuliah di UGM yang merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia. Walaupun uang kuliah dibayar oleh pemerintah, namun tetap ia memikir bagaimana tempat tinggal dan biaya keperluan Ananda lain selama berada di Yogyakarta.
 
"Utamanya yang paling khawatir adalah masalah tempat tinggal. Saya dengar untuk kos paling murah di sana mencapai Rp500 ribu per bulannya," paparnya.
 
Pasalnya, Ananda beberapa waktu belakangan menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Ia kian terkenal karena raihan nilai UNBK yang didapat sempurna tersebut.
 
Karena hal itu lah Ananda banyak mendapat bantuan dari banyak pihak, salah satunya adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. “Saya menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas kepedulian kepada Ananda. Semoga kelak ia bisa sukses sehingga bisa membanggakan bangsa dan memperbaiki kehidupan keluarga," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif