Sandi rumput Pramuka. Foto: Pinterest
Sandi rumput Pramuka. Foto: Pinterest

Mengenal Sandi Rumput Pramuka, Kegunaan dan Contohnya

Putri Purnama Sari • 20 Oktober 2022 17:47
Jakarta: Sandi adalah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan berita yang sifatnya rahasia. Berbagai macam bentuk sandi dengan kunci pemecahan semuanya berasal dari sandi morse.
 
Kata Sandi awalnya berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya rahasia. Asal mula ini berasal dari para pahlawan yang pada jaman dahulu suka berkelana dan suka berpindah-pindah tempat tinggal, oleh karena itu mereka harus memiliki kata sandi dan bisa mempergunakannya dengan bentuk sandi untuk mengecoh / mengelabui lawan-lawan atau musuhnya.
 
Sekitar tahun 3000 SM, di Kerajaan Babilonia telah ditemukan tulisan cuneiform untuk mengirimkan berita rahasia antar kota, mereka menulis pesan di kepala para budak yang baru dicukur, lalu menunggu sampai rambutnya tumbuh. Kemudian budak itu dikirim ke tempat yang dituju. Di tempat tujuan, kepala budak dicukur kembali untuk mengetahui pesan yang tersembunyi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip dari buku Panduan Pramuka Penggalang oleh Dani & Anwari (2015), pada dasarnya sandi rumput merupakan bentuk modifikasi dari sandi morse. Sandi morse dikirimkan dengan bunyi pendek dan panjang.
 
Penggunaan sandi morse di organisasi Pramuka memanfaatkan alat berupa peluit yang ditiup dengan pendek dan panjang. Hal ini dapat diketahui karena sandi rumput mengadopsi prinsip-prinsip yang terdapat pada kode morse.
 
Baca: Gerakan Pramuka Harus Mengikuti Perkembangan Zaman

Adapun perbedaan di antara keduanya terletak pada cara penulisannya saja, misalnya dalam menggunakan titik atau garis. Dalam sandi rumput, titik dan garis diubah menjadi bentuk rumput kecil dan besar. Garis pendek dan garis tinggi pada sandi rumput melambangkan titik dan strip pada kode morse. Titik dan strip itulah yang kemudian bisa dibaca dengan memakai kode morse.
 
Sandi rumput adalah bukan sandi asli, melainkan merupakan sandi turunan. Sandi ini juga mempunyai kesamaan dengan sandi paku dan sandi gergaji / tali. Fungsi dan kegunaan sandi rumput adalah sebagai sarana komunikasi, memberikan pesan rahasia dengan kode tertentu, dan digunakan dalam telegraf.
 
Kunci:
titik (.) digambarkan sebagai rumput yang pendek
strip (-) digambarkan sebagai rumput yang tinggi
 
Contoh:
Pramuka = (P).--. (R).-. (A).- (M)-- (U)..- (K)-.- (A).-
 
Mengenal Sandi Rumput Pramuka, Kegunaan dan Contohnya
Foto: Ensiklopedia Penggalang
 


 
(WAN)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif