ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Aceh Peringkat 3 Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal

Pendidikan Prestasi Pelajar Madrasah
Fajri Fatmawati • 21 April 2021 13:03
?Banda Aceh:  Provinsi Aceh meraih peringkat ketiga dalam ujian akhir Santri Pendidikan Diniyah Formal (PDF) berstandar nasional yang diselenggarakan pada 8 hingga 10 Maret 2021.
 
Kepala Bidang (Kabid) pendidikan diniyah dan pondok pesantren Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Maiyusri mengatakan, sebanyak 134 santri Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah yang mengikuti ujian tersebut.
 
"Meskipun hanya diikuti oleh satu pondok pesantren di Aceh yakni Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli, Aceh Utara, Aceh, kita mampu mengukir prestasi secara nasional dengan perolehan nilai 72,8 di atas rata-rata," kata Maisyuri, Rabu, 21 April 2021.
 
Maisyuri menjelaskan, ada 77 lembaga PDF di Indonesia yang menyelenggarakan ujian tersebut yakni, wustha (setingkat jenjang Madrasah Tsanawiyah) dan 'ulya (setingkat jenjang Madrasah Aliyah). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ujian akhir PDF wustha diikuti 2.889 santri dari 30 lembaga, sedang PDF ulya diikuti 2.155 santri dari 47 lembaga dengan urutan ketiga setelah Riau dan Jawa Tengah," ujarnya.
 
Baca juga:  Indonesia Minim Bahan Bacaan, Bukan Malas Membaca
 
Maisyuri mengungkapkan lembaga tersebut tersebar di 13 provinsi, yaitu, Aceh, Jambi, Riau, Lampung, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Yogyakarta, Jatim, NTB, Kalsel, Sulsel, dan Sulbar. Sementara itu, mata pelajaran yang diujikan adalah Tafsir, Ilmu Tafsir, Bahasa Arab, Hadits, Ilmu Hadits, Nahwu, Sharaf, serta Fiqh dan Ushul Fiqh.
 
"Aceh satu-satunya di luar Jawa yang memiliki Marhalah Tsaniyah (M2) Ma'had Aly atau setara dengan pendidikan pascasarjana," ucapnya.
 
Menurut Maisyuri, hal tersebut tidak terlepas dengan peresmian marhalah tsaniyah mudi mesjid raya oleh Direktur Pendidikan Diniyah (PD) dan Pondok Pesantren (Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Waryono.
 
"Saat ini bidang PD Pontren terus berupaya sehingga pada tahun-tahun berikutnya akan lahir Marhalah Tsalisah (M3) di serambi mekkah," jelasnya.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif