Wayang Orang Kresna Duta Akan Tampil di GKJ
Jumpa pers Pertunjukan Wayang Orang dengan Lakon 'Kresna Duta', Medcom.id/Intan Yunelia.
Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar pertunjukan wayang orang dengan lakon 'Kresna Duta' pada Jumat, 16 November 2018 di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Kemendikbud bekerjasama dengan Yayasan Paramarta Karya Budaya.

"Acara ini akan dibawakan dalam bahasa Jawa. Serta dilengkapi dengan narasi bahasa Jerman dengan durasi pertunjukan 90 menit," kata Ketua Yayasan Paramarta Karya Budaya, Prasti Rachmadi Pomarius di Direktorat Kebudayaan Kemendikbud, Jakarta, Rabu 14 November 2018.


Kresna Duta diangkat menjadi tema, karena bermakna sebagai seorang Kresna yang ditugaskan menjadi utusan bagi pandawa untuk menghadap Kurawa.  Pandawa ini terdiri dari lima bersaudara, Kurawa 100 bersaudara, saudara sepupu, ayah keduanya kakak beradik.

Baca: Hindari Tumpang Tindih Pengelolaan Cagar Budaya

Pandawa ini dikenal karena perangai baiknya dan Kurawa sebaliknya.  Pergelaran ini dibawakan oleh 40 orang pemain dengan satu orang kurator Jerman yang sudah berpengalaman dalam seni teater berskala internasional. 

"Kami yakin pementasan ini akan menjadi tontonan yang menarik dan pengalaman berkesan, baik bagi penduduk Jakarta berkewarganegaraan Indonesia, maupun warga negara asing yang tinggal di Jakarta," ungkap Prasti.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pementasan wayang orang yang akan dilaksanakan di Jerman pada Mei Tahun 2019. Acara di dalam negeri maupun di Jerman akan didukung oleh Kemendikbud, Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia Jerman, pun Diaspora Indonesia di Jerman.




(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id