Mendikbudristek Nadiem Makarim. DOK Kemendikbudristek
Mendikbudristek Nadiem Makarim. DOK Kemendikbudristek

Nadiem Minta Alumni Jaga Keberlanjutan Program MBKM

Ilham Pratama Putra • 05 Juli 2022 19:33
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, menyebut alumni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan garda terdepan dalam menjaga keberlanjutan program MBKM. Mahasiswa yang telah merasakan manfaat dari program MBKM dinilai dapat mendorong kampus terus menggerakkan MBKM.
 
Nadiem menyebut alumni MBKM juga dapat menjadi contoh sukses bagi mahasiswa lain yang belum berkesempatan mengikuti MBKM. Dia menilai alumni MBKM memiliki kontribusi besar dalam keberlanjutan MBKM.
 
“Menurut saya itu adalah kontribusi terbesar alumni MBKM agar program ini terus berlanjut dan berkesinambungan,” kata Nadiem dalam acara Road to Festival Kampus Merdeka, Selasa, 5 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Road to Festival Kampus Merdeka digelar dalam rangka menyambut Festival Kampus Merdeka (FKM) yang akan diselenggarakan pada Agustus 2022. Acara ini sebagai tindak lanjut pencapaian strategis dalam peningkatan keberlanjutan program MBKM.
 
Nadiem juga mendorong alumni mengungkap manfaat dan pengalaman yang dirasakan, baik melalui media sosial maupun media-media lainnya. Kesempatan ini menjadi peluang untuk menarik lebih banyak lagi mahasiswa yang dapat berpartisipasi dalam program MBKM.
 
“Kalian bisa bersuara ke banyak pihak, mempromosikan program ini sehingga semakin banyak adik-adik kelas kalian yang ikut mencoba untuk masuk dalam program ini,” kata Nadiem.
 
Dia juga berpesan kepada peserta Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk dapat menunjukkan nilai-nilai budaya bangsa dan kebinekaan di panggung dunia. Hal ini menjawab pertanyaan yang diajukan mahasiswa lainnya, Muhammad Bijaksabara.
 
“Mahasiswa-mahasiswa IISMA jadi duta kita di luar negeri agar orang bukan hanya mempersepsikan Indonesia sebagai negara berkembang, tetapi sebagai negara yang maju dengan pesat. Bukan hanya mengejar ketertinggalan, tetapi melompat ke masa depan,” ucap dia. 
 
Road to Festival Kampus Merdeka menjadi bagian dari rangkaian kegiatan FKM 2022 yang bertujuan menularkan semangat meraih hak mahasiswa belajar di luar kelas dalam program MBKM. Acara ini diselenggarakan dengan semangat kolaborasi bersama demi peningkatan kualitas dan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia.
 
Selain itu, akan hadir pula kegiatan MSIB Fair di Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta pada 5-6 Juli 2022. Road to FKM Part 2 juga akan ditayangkan melalui YouTube Kemendikbud RI.
 
Baca juga: Nadiem Targetkan Program MBKM 2022 Diikuti 150 Ribu Mahasiswa

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif