NEWSTICKER
Mendikbud Nadiem Makarim (26/3). Foto: Tangkapan Layar, Konfrensi Video Kemendikbud RI.
Mendikbud Nadiem Makarim (26/3). Foto: Tangkapan Layar, Konfrensi Video Kemendikbud RI.

Dalam Tiga Hari, Relawan Covid-19 Capai 15 Ribu Mahasiswa

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 26 Maret 2020 11:01
Jakarta: Dalam pendaftaran fase pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mendapatkan 15 ribu relawan kesehatan. Pendaftaran yang dibuka selama tiga hari itu akan membantu tenaga kesehatan dalam menangani virus korona atau coronavirus disease (covid-19).
 
"Saya apresiasi semangat mahasiswa dalam tiga hari, terdaftar 15.000 relawan. Saya terharu melihat keberanian, melihat motivasi, dan nasionalisme mahasiswa fakultas kesehatan dan relawan lainnya," kata Mendikbud, Nadiem Makarim dalam konferensi video, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Nadiem berterima kasih atas besarnya keinginan relawan untuk turut berperan dalam kegiatan kemanusiaan ini. Sebab, penyebaran covid-19 di Indonesia kian masif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mobilisasi relawan ini benar-benar semangat gotong royong. Inilah jiwa semangat dokter dan tenaga medis, ini terbukti semangat anak termuda kita di bidang kesehatan itu luar biasa," lanjut dia.
 
Baca juga:Pendaftaran 'Relawan Covid-19' untuk Mahasiswa Ditutup Sementara
 
Relawan nantinya bakal membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan. Relawan bakal menjalankan fungsi komunikasi dan edukasi.
 
"Membantu Pemerintah Daerah dalam tracing dan tracking dan membantu melayanai call center di pusat, di daerah atau pusat layanan covid-19," ujar Nadiem.
 
Dia juga mengapresiasi seluruh pihak yang mendorong terbentuknya relawan. Mulai dari dekan fakultas kesehatan hingga institusi terkait lainnya.
 
"Mari kita tunjukkan institusi pendidikan menjadi ujung tombak melawan musuh yang tidak keliahatan ini. Tunjukkan anak muda Indonesia berani dan bisa menyelamatkan nyawa masyarakat dalam waktu yang cepat," tutupnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif