Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Mahasiswa Positif Covid-19, UIN Yogyakarta Tutup Satu Fakultas

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ahmad Mustaqim • 15 September 2020 10:41
Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menutup sementara Gedung Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam mulai 14-16 September 2020. Penutupan itu menyusul adanya mahasiswa fakultas tersebut yang terkonfirmasi positif virus korona (covid-19).
 
"Penutupan sementara Gedung Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam sebagai langkah prefentif penanggulangan penyebaran virus korona dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan sterilisasi di seluruh ruangan," kata Kepala Satgas Covid-19 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, A. Munir, lewat keterangan tertulis, Selasa, 15 September 2020.
 
Munir mengatakan, otoritas kampus telah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Depok Sleman melalui dokter klinik di UIN Sunan Kalijaga. Hasil koordinasi itu menunjukkan mahasiswa terkonfirmasi positif korona sudah meninggalkan Yogyakarta sejak 23 Agustus 2020. Mahasiswa tersebut menjalani tes swab di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena sudah lebih dari masa inkubasi 14 hari, dari segi penularan tidak mengkhawatirkan warga kampus," kata dia.
 
Munir mengimbau sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga menjalin komunikasi apa pun dengan online. Pihak kampus, kata dia, telah menyediakan fasilitas pendukung protokol pencegahan penularan covid-19 di setiap pintu masuk gedung, seperti wastafel dan sabun, hand sanitizer, dan petugas pengukur suhu tubuh.
 
Baca:Perguruan Tinggi Diminta Bantu Digitalisasi UKM
 
Menurut dia, UIN Sunan Kalijaga masih memberlakukan bekerja dari rumah (work from home) untuk semua pegawai dan dosen. Sistem pelayanan mahasiswa, seperti bimbingan dengan dosen juga diarahkan daring.
 
"Boleh ke kampus untuk keperluan yang mendesak dan tidak bisa diselesaikan lewat media online dengab mematuhi protokol covid-19, termasuk ketika berinteraksi harus jaga jarak dengan tenaga kependidikan atau dosen," kata Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga ini.
 
Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Inayah Rohmaniyah, mengatakan, mahasiswanya sempat ke Yogyakarta untuk keperluan di luar akademik kampus. Mahasiswa tersebut sudah di Yogyakarta dengan menggunakan motor dan menginapnya di hotel untuk mematuhi protokol covid-19, pada 20 Agustus 2020.
 
"Setelah kegiatan selesai, mahasiswa ini pulang ke Jakarta dan merasa tidak enak badan ketika sampai di rumahnya pada 30 September 2020. Karena kekhawatiran, dia memeriksakan diri di layanan kesehatan di Jakarta, rapid test dan dinyatakan reaktif. Setelah itu dilanjutkan pemeriksaan swab dinyatakan positif korona 5 September 2020," ungkapnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif