Rektor UNS Jamal Wiwoho. Foto: Dok. Humas UNS
Rektor UNS Jamal Wiwoho. Foto: Dok. Humas UNS

Wujudkan Kampus Merdeka, UNS Gandeng Unsoed dan Unnes

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Triawati Prihatsari • 01 September 2020 14:12
Solo: Guna mewujudkan visi misi sebagai Kampus Merdeka, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).
 
Penandatanganan kerja sama dilakukan Selasa, 1 September 2020 secara virtual. Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, kerja sama tersebut merupakan upaya UNS untuk merealisasikan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tentang Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.
 
"Di mana perguruan tinggi perlu bekerja sama dengan perguruan tinggi lain. Tidak hanya dengan perguruan tinggi di Indonesia, namun juga perlu bekerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta dengan perguruan tinggi di luar negeri. Kita tidak mungkin berdiri megah tanpa kerja sama dengan kampus lain,” urainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berharap, melalui kerja sama tersebut dapat menciptakan kreasi dan inovasi baik dari UNS, Unnes maupun Unsoed. Baik itu berupa riset bersama, publikasi bersama, tukar menukar mahasiswa dan tukar menukar dosen untuk bersama-sama memajukan ketiga perguruan tinggi.
 
"Semoga Unnes dan Unsoed bisa segera menyusul UNS masuk dalam perguruan tinggi Klaster 1. Kami berharap semoga UNS, Unnes, dan Unsoed bisa segera menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH),” paparnya.
 
Baca juga:UNS: Penerapan Kampus Merdeka Mampu Dongkrak Kualitas Mahasiswa
 
Rektor Unnes, Fathur Rokhman menambahkan, Unnes, UNS dan Unsoed merupakan tiga perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah yang mengimplementasikan kerja sama tentang Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi dan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).
 
"Melalui kerja sama ini, pasti akan berdampak positif untuk penguatan perguruan tinggi masing-masing dan tentunya akan memberikan kontribusi untuk Jawa Tengah dan Indonesia,” bebernya.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif