Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril. Foto: Dok. Sampoerna University
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril. Foto: Dok. Sampoerna University

Nadiem Lantik Staf Khususnya Jadi Dirjen Guru

Pendidikan Pelantikan pejabat
Ilham Pratama Putra • 08 Mei 2020 12:50
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim melantik sejumlah pejabat Kemendikbud hari ini, 8 Mei 2020. Menariknya, salah satu staf khusus Nadiem turut dilantik menjadi Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menggantikan Supriano dirjen sebelumnya.
 
"Iwan Syahril sebagai Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan," kata Nadiem dalam upacara pelantikan secara daring, Jumat 8 Mei 2020.
 
Iwan sendiri bergabung ke Kemendikbud saat Nadiem resmi menjadi mendikbud. Saat itu pula, Iwan diangkat sebagai staf khusus Nadiem untuk bidang pembelajaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Nadiem Lantik Pejabat Kemendikbud Hingga Lembaga Sensor Film
 
Dari data yang dihimpun, Iwan memang telah lekat dengan dunia pendidikan utamanya keguruan. Bahkan dia sempat menjadi dosen di Universitas Sampoerna.
 
Tak hanya itu, Iwan juga dekat dengan dunia penelitian. Sebagai peneliti, Iwan telah memiliki pengalaman sebagai konsultan untuk Educational Testing Service (ETS) di 2016, dengan proyek penelitian terkait Teaching and Learning International Survey (TALIS) Video Study, sebuah riset berskala internasional.
 
Baca juga:Sri Mulyani Dilantik Jadi Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang
 
Iwan sendiri menyelesaikan pendidikan S3-nya di Michigan State University, Amerika Serikat. Universitas itu sempat dijuluki tempat pendidikan guru terbaik di Amerika Serikat selama 25 tahun sejak 1995.
 
Iwan juga lahir dari keluarga pendidik dari kota Padang, Sumatera Barat. Ia juga merupakan salah satu pendiri, peneliti sekaligus Dewan Pakar di Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK) bersama sejumlah pakar pendidikan lain seperti Itje Chodidjah dan Najelaa Shihab.
 
Kepada para pejabat, Nadiem berpesan agar mereka yang terpilih mampu berkreasi, berinovasi dan berpartisipasi aktif dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Hal itu menjadi tantangan sendiri terlebih pada masa pandemi virus korona (covid-19).
 
"Agar saudar melakukan koordinasi internal, melihat tantangan dan menjadikan itu sebagai motivasi kuat untuk mewujudkan merdeka belajar berjalan efektif dalam sistem pendidikan untuk Indonesia," terang Nadiem.
 
Pejabat Kemendikbud yang dilantik hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 74/TPA2020 dan 84/TPA2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Iwan dilantik bersama tujuh pejabat tinggi Kemendikbud lainnya.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif