Dirjen Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Dirjen Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Kemendikbudristek Minta Industri Memberi Masukan Soal Kompetensi Lulusan yang Diinginkan

Ilham Pratama Putra • 12 Agustus 2022 18:36
Jakarta: Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Kiki Yuliati menyatakan pemerintah hanya akan menyiapkan lulusan sekolah dengan kompetensi mendasar. Kompetensi yang lebih adaptif terhadap kebutuhan dunia kerja diserahkan kepada industri.
 
"Pemerintah hanya akan menjaga komptensi-komptensi lulusan yang basic dan esensial, sementara kompetensi yang dinamis akan kita titipkan bersama industri," ujar Kiki di Gedung Kemendikbudristek, Jumat, 12 Agustus 2022.
 
Kiki berharap permintaan kepada industri ini dapat dikabulkan. Sebab, industrilah yang paling tahu kebutuhan dunia kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mendorong industri memberi masukan kepada pemerintah terkait kompetensi lulusan yang diharapkan. Hal itu agar sekolah maupun kampus dapat mempersiapkan strategi pembelajaran.
 
"Informasi dari Bapak Ibu di industri akan kami bawa pulang ke kampus dan sekolah masing-masing dan kami tuangkan ke kurikulum, kami menyesuaikan strategi pembelajaran. Dengan harapan saat siswa lulus dia sudah sedikit banyak atau maksimal atau sebanyak mungkin sesuai harapan Bapak Ibu," papar dia.
 
Kiki menyebut pihaknya juga akan memaksimalkan sarana prasarana melatih guru dalam mempersiapkan kompetensi lulusan. Sembari, tetap menerima masukan dari industri.
 
"Jadi, kami mohon mitra industri kami kalau kami tanya kompetensi apa yang diharapkan, kami berterima kasih kalau dikasih gambaran kebutuhan lima sampai enam tahun ke depan seperti apa, agar kami bisa antisipasi menyiapkan SDM kami sesuai kebutuhan," tutur dia.
 
Baca juga: Hubungkan Lulusan Vokasi dan Dunia Kerja, Kemendikbudristek Gandeng 11 Industri

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif