Ilustrasi PTM Terbatas di Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Ilustrasi PTM Terbatas di Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

P2G: 90 Sekolah di Jakarta Ditutup Akibat Guru dan Siswa Positif Covid-19

Pendidikan Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka Klaster Covid-19 di Sekolah PTM Terbatas
Arga sumantri • 26 Januari 2022 11:53
Jakarta: Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menyebut lebih 90 sekolah di DKI Jakarta yang ditutup akibat siswa dan guru positif covid-19. Sebagian disebut belum melapor sehingga belum terdata Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.
 
"P2G meyakini, sebenarnya yang tutup lebih dari 90 sekolah, sebab ada orang tua yang belum lapor ke sekolah dan Disdik," ujar Kepala Bidang Advokasi P2G Iman Zanatul Haeri melalui keterangan tertulis, Rabu, 26 Januari 2022.
 
Ia menyebut jumlah sekolah yang menghentikan pembelajaran tatap muka (PTM) kapasitas 100 persen terus bertambah setiap minggu. Semula 39 sekolah, lalu 43 sekolah, dan sekarang 90 sekolah. Padahal, kata dia, Jakarta belum satu bulan menggelar PTM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami meminta Dinas Kesehatan provinsi gencar melakukan swab PCR dan active case finding kepada sekolah, siswa, dan guru, untuk mendeteksi dan memitigasi kenaikan kasus," ujar guru SMA di Jakarta Selatan ini.
 
Baca: Kasus Covid-19 Landai, Gunung Kidul Masih Gelar PTM 100%
 
Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim mengemukakan skema PTM 100% Jakarta tengah menghadapi kondisi gelombang ketiga covid-19. Secara psikologis, ungkap dia, sebenarnya cukup mencemaskan bagi guru dan orang tua.
 
"Coba rasakan, bagaimana guru, siswa berinteraksi kayak sekolah normal, sebab 100 persen siswa masuk setiap hari. Sementara itu angka kasus meningkat tajam tiap hari. Ini mengganggu pikiran dan kenyamanan belajar di sekolah," ungkap Satriwan.
 
P2G mencatat kasus covid-19 di Jakarta terus melonjak naik. Hingga Selasa, 25 Januari 2022, terjadi penambahan sebesar 4.878 total kasus secara nasional. DKI Jakarta penyumbang kasus covid-19 terbanyak, yakni 2.190 kasus.
 
P2G menilai kondisi ini membuat para guru, orang tua, dan siswa merasa cemas dalam melaksanakan PTM 100 persen yang masih berjalan. PTM kapasitas penuh yang berlangsung di tengah meningkatnya kasus covid-19 dinilai tidak aman bagi guru dan siswa.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif