Masker kain ciptaan Telkom University. Dok. Telkom University
Masker kain ciptaan Telkom University. Dok. Telkom University

Masker Kain dengan 'Pocket' Tempat Filter yang Dapat Diganti

Telkom University Membuat INSERTA Replaceable Face Mask

Pendidikan Virus Korona beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Medcom • 07 April 2020 19:01
Bandung: Telkom University menciptakan masker inovasi yaitu Inserta Face Mask with Replaceable Filter. Masker kain ini hasil kreasi tim Telkom University bekerja sama dengan para sivitasnya, di antaranya dosen Industrial Design dari Fakultas Industri Kreatif.
 
Inserta merupakan masker kain dengan fitur berupa pocket untuk mengganti filter di dalamnya. "Filter ekstra ini berfungsi untuk meningkatkan perlindungan terhadap droplets maupun debu yang dapat terhirup ketika bernapas," demikian pernyataan resmi Telkom University, Selasa, 7 April 2020.
 
Nama Inserta diambil dari frasa ‘insert-again’, yang dalam Bahasa Inggris berarti ‘memasukkan kembali’. Penamaan ini merujuk pada fitur utama masker yang memungkinkan fitur baru untuk dimasukkan lagi melalui ‘pocket’ sebelum masker digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inserta Face Mask terdiri atas tiga lapisan. Lapisan bagian dalam pada Inserta Face Mask adalah katun 70 persen. Katun ini lebih halus sehingga nyaman digunakan ketika bersinggungan langsung dengan kulit wajah.
 
Terdapat ‘pocket’ untuk mengganti filter yang ada pada lapisan kedua. Filter pada lapisan kedua ini dapat berupa kasa steril, bahkan tissue. Filter ini dikeluarkan setelah masker digunakan ataupun ketika masker akan dicuci.
 
Lapisan luar masker memiliki dua buah tali yang cukup panjang sehingga mudah diikat, terutama untuk pengguna hijab, sehingga masker ini dapat digunakan oleh semua orang. Pada lapisan luar masker ini menampilkan logo dan motif dengan warna khas Telkom University.
 
Penggunaan masker kain bertujuan untuk mengurangi penggunaan masker medis yang semakin minim jumlahnya. Masker kain juga dapat dicuci berkali-kali sehingga lebih ekonomis daripada masker sekali pakai. Inserta Face Mask memiliki kelebihan pada penambahan filter udara di bagian dalam masker.
 
Masker penting dikenakan oleh masyarakat yang terpaksa beraktivitas diluar rumah ditengan situasi pandemi virus korona (covid-19). Inserta Face Mask dibuat untuk mendukung gerakan Tel-U Siaga Covid-19 yang merupakan bagian dari upaya proteksi diri dan meminimalisasi penyebaran covid-19.
 
Meningkatnya kasus orang suspect dan positif covid-19 di Indonesia, membuat semakin menipisnya ketersediaan Alat Perlindungan Diri (APD), termasuk masker di pasaran. Masker sekali pakai kini hanya diperuntukkan bagi kalangan medis dan petugas kesehatan lainnya.
 
Namun, perlengkapan proyeksi perlindungan diri juga dibutuhkan masyarakat, termasuk masker yang dapat melindungi dari sebaran kuman dan virus melalui udara. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto juga menegaskan pemerintah menjalankan program 'masker untuk semua' per 5 April 2020 sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Makanya, diperlukan masker yang dapat digunakan berulang kali untuk mengurangi beban kebutuhan perlengkapan medis.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif