Proses wisuda di BBT University Tokyo menggunakan robot. Foto: Dokumentasi BBT University
Proses wisuda di BBT University Tokyo menggunakan robot. Foto: Dokumentasi BBT University

Korona, Wisuda Mahasiswa di Jepang Digantikan Robot

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Marcheilla Ariesta • 07 April 2020 21:24
Tokyo: Pemerintah Jepang memberlakukan pembatasan sosial akibat wabah virus korona (covid-19) yang menyebar dengan cepat. Namun, hal tersebut tidak menghentikan upacara kelulusan di Business Breakthrough University di Tokyo.
 
Ada yang unik dari upacara kelulusan tersebut. Para siswa yang lulus digantikan dengan robot avatar saat menerima sertifikat kelulusan.
 
Lengkap dengan pakaian wisuda, robot yang dinamai 'Newme' ini dilengkapi dengan tablet yang menampilkan wajah para lulusan. Siswa mengendalikan robot tersebut melalui komputer jinjing mereka dari rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu per satu robot-robot tersebut menuju podium untuk menerima gelar diploma. Staf sekolah bertepuk tangan dan mengucapkan selamat ketika Presiden Universitas Kenichi Ohmae meletakkan sertifikat kelulusan di bagian tengah robot.
 
"Saya pikir ini benar-benar pengalaman baru untuk menerima sertifikat di area publik, saat saya berada di ruang pribadi," kata salah seorang siswa, Kazuki Tamura melalui avatar komputernya, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 7 April 2020.
 
Universitas berharap pendekatannya dapat diadopsi oleh sekolah lain yang ingin menghindari pertemuan massal.
 
Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berencana mendeklarasikan status darurat nasional di tengah pandemi covid-19. Gelombang tekanan menerpa PM Abe yang didorong untuk segera mendeklarasikan darurat nasional covid-19.
 
Tekanan datang dari sejumlah pihak, termasuk Gubernur Tokyo Yuriko Koike dan Asosiasi Medis Jepang. Jika darurat nasional jadi dideklarasikan oleh PM Abe, maka Pemerintah Jepang memiliki wewenang lebih dalam menginstruksikan warga untuk tetap berada di dalam rumah.
 
Pemerintah Jepang juga memiliki wewenang lebih untuk menutup sekolah dan melarang perkumpulan massa.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif