Pengamatan Hilal di Bosscha. Foto: Media Indonesia
Pengamatan Hilal di Bosscha. Foto: Media Indonesia

Milenial Didorong Jadi Perukyat Terampil

Pendidikan pendidikan nonformal
Muhammad Syahrul Ramadhan • 22 Mei 2020 19:17
Jakarta: Dosen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Hakim L Malasan mendorong generasi muda atau milenial untuk menjadi perukyat atau pengamat hilal yang terampil. Ini untuk memenuhi kebutuhan perukyat terampil yang cukup tinggi di Indonesia.
 
“Generasi muda cobalah pelajari ilmu tentang kedirgantaraan, karena salah satu yang paling penting di masyarakat ini adalah menciptakan perukyat-perukyat yang terampil dalam jumlah yang cukup besar,” kata Hakim dalam Ngabuburit Belajar Astronomi di IG Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Jumat, 22 Mei 2020.
 
Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah Matahari terbenam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun menyebut, idealnya saat ini setiap provinsi memiliki perukyat ahli. Sehingga pengamatan bisa dilakukan di banyak tempat.
 
“Harapannya, dengan banyak generasi muda yang menyenangi sains kedirgantaraan ini, akan makin banyak pula orang yang lebih terampil menjadi perukyat,” terangnya.
 
Lebih lanjut ia menjelaskan, zona waktu yang digunakan untuk penentuan awal bulan baru menggunakan patokan Waktu Indonesia Tengah. Ini penting, karena ini untuk mengakomodasi daerah yang masuk zona waktu Indonesia bagian timur dan juga waktu Indonesia bagian barat.
 
Untuk itu lanjutnya, sebaran perukyat berpengalaman di seluruh provinsi dibutuhkan agar jumlahnya lebih berimbang. “Perkembangan falak didominasi pulau jawa, dominan WIB, mesti punya sebaran biar balance,” ujarnya.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif