Menristek Bambang Brodjonegoro. Zoom
Menristek Bambang Brodjonegoro. Zoom

Menristek: UMKM Perlu Didorong Terkoneksi dengan Digital

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 02 Juni 2020 21:07
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro menyatakan transaksi digital bisa menjadi jawaban untuk membangun kembali perekonomian di era kenormalan baru (new normal). Khususnya, bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
 
"Dengan adanya pembatasan, jarak dan segala macam, maka otomatis ekonomi berbasis tunai ini terdampak, dan ini dampaknya ke mana-mana, karena banyak sektor yang bergantung pada orang dan tunai juga mengalami dampak terdalam," kata Bambang dalam Webinar bertajuk Solusi Teknologi untuk Permasalahan Dampak Covid-19.
 
Bambang mengatakan UMKM perlu melakukan digitalisasi. Ia mengatakan masih banyak UMKM yang ketergantungan dengan pola konvensional. "Data dari Kementerian UMKM, baru delapan juta UMKM terkoneksi dengan digital," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Fasilitasi UMKM Yogyakarta, Sekolah Vokasi UGM Gagas Pasar Online
 
Menurut Bambang, yang diperlukan saat ini diperlukan adalah membuat pelaku UMKM tertarik masuk dalam platform jual beli digital. Harapannya, platform digital yang ada bisa terisi produk buatan dalam negeri dan mereduksi barang impor.
 
"Masih banyak peluang memproduksi barang di level UMKM yang bisa dibawa ke platfom jual beli. Jadi jangan sampai ada tapi ditumpangi banyak barang impor," terangnya.
 
Ia menyampaikan UMKM di 120 daerah yang masuk zona hijau bisa kembali menjalankan aktivitas usahanya. Begitu juga daerah yang mulai pulih dari serangan pandemi.
 
"Ada 120 kabupaten terus hijau tidak ada kasus covid. Yang ini bergerak, plus masih berevolusi merah ke hijau menggerakan UMKM dengan mengedepankan standar protokol," ujarnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif