Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

UNJ Siap Antisipasi Membludaknya Pengajuan KIP Kuliah

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 10 April 2020 18:08
Jakarta: Universitas Negeri Jakarta (UNJ) siap mengantisipasi membludaknya pengajuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Pengajuan diprediksi melonjak lantaran kerentanan ekonomi mahasiswa pada masa darurat virus korona (covid-19).
 
"Berapa pun kuota (KIP Kuliah) yang diberikan pemerintah kita siap," kata Rektor UNJ, Komarudin, kepada Medcom.id, Jumat, 10 April 2020.
 
Komarudin mengatakan kesiapan ini dalam rangka membantu program pemerintah. UNJ berkomitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada prinsipnya UNJ siap membantu program pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa dan Indonesia maju," ungkapnya.
 
Baca:Ekonomi Terdampak Covid-19, Mahasiswa Bisa Ajukan KIP Kuliah
 
Saat ini, UNJ tengah menunggu dukungan subsidi anggaran dari pemerintah. Hal ini juga untuk mendukung skema dalam memberikan layanan pendidikan yang maksimal.
 
"Bahkan kami siap untuk untuk skema adanya dana untuk biaya hidup mahasiswa, dan ada dana untuk penyelenggaraan pendidikan," lanjutnya.
 
Komarudin pun berharap ada dana tambahan dari pemerintah berupa Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). "Syukur-syukur dana untuk penyelenggaraan pendidikan ditambah juga dari BOPTN," ungkapnya.
 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memprediksi adanya lonjakan pengajuan KIP Kuliah. Sebab, mahasiswa yang telah menjalankan kuliah pun bisa mengajukan program dari pemerintah ini.
 
Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, Abdul Kahar mengatakan proses pengajuan KIP Kuliah diserahkan kepada kampus masing-masing. "Kita berikan petunjuk teknis untuk mahasiswa ingin mendaftar KIP Kuliah yang sudah on going. Kriterianya sama dengan yang baru mengajukan," kata Kahar dalam konferensi video, Rabu, 8 April 2020.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif