Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

Peserta Lolos UTBK-SBMPTN Diminta Buka Laman PTN

Pendidikan UTBK SNMPTN/SBMPTN 2020 Pengumuman SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 14 Agustus 2020 17:07
Jakarta: Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih meminta peserta yang lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) untuk langsung mengunjungi laman PTN yang menerimanya. Sebab proses lanjutan dari calon mahasiswa akan diatur oleh PTN masing-masing.
 
"Intinya mereka yang lulus nanti dari seleksi SBMPTN masih harus mengikuti proses di perguruan tinggi. Harus dicek benar-benar di laman masing-masing PTN karena masing-masing PTN punya peraturan sendiri-sendiri," kata Nasih dalam Konferensi Pers Daring Pengumuman SBMPTN 2020, Jumat 14 Agustus 2020.
 
Baca juga:Terindikasi Curang, 510 Peserta UTBK-SBMPTN Didiskualifikasi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun yang harus diperhatikan peserta ialah jadwal daftar ulang. Agar para peserta mengetahui beberapa persyaratan lainnya yang harus dipersiapkan.
 
"Jadi mohon peserta mengecek terkait waktu daftar ulang, persyaratannya apa, biaya berapa. PTN punya Uang Kuliah Tunggal sendiri-sendiri dan mempunyai persyaratannya sendiri. Sehingga butuh kejelian untuk mengikuti itu," terangnya.
 
Dia tidak ingin kelulusan peserta berakhir konyol. Status lulus peserta hilang karena kurang jeli dalam memperhatikan syarat yang diberikan PTN.
 
"Mungkin saja karena kita salah baca jadwal pendaftaran ulang dikira tanggal 30 Agustus, tahunya ternyata 15 Agustus, ya sudah pasti akan kehilangan," imbuh Nasih.
 
Baca juga:167.653 Siswa Lolos UTBK-SBMPTN 2020
 
Lebih lanjut, bagi peserta non-Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) namun mengalami kesulitan pembiayaan diharapkan untuk segera melapor. Agar peserta yang bersangkutan dapat dibantu oleh PTN.
 
"Langsung menghubungi PTN bersagkutan untuk difasilitasi. Kita tidak ingin ada peserta lulus tapi karena aspek ekonomi tidak daftar ulang dan tidak bisa masuk PTN. Kalau ada kesulitan langsung menghubungi PTN bersangkutan untuk kami fasilitasi permudah jalannya," terangnya.
 
Hasil kelulusan peserta dapat dilihat pada laman resmi LTMPT pada Jumat 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Pengumuman SBMPTN 2020 juga bisa dilihat lewat 12 link mirror perguruan tinggi negeri.
 
Selain dapat diakses di laman utama LTMPT, pengumuman hasil SBMPTN juga bisa dicek di laman Pendidikan Medcom.id dengan menge-klik Pengumuman SBMPTN 2020 Medcom.id.
 
Nama-nama siswa pendaftar yang lolos SBMPTN 2020 bisa dibuka dengan cara CTR+F atau search lalu ketik namamu saat menggunakan komputer maupun smartphone.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif