Kampus UGM. Foto:  UGM/Humas.
Kampus UGM. Foto: UGM/Humas.

UGM Kampus Paling Informatif 2020

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penghargaan Pendidikan Perguruan Tinggi UGM
Citra Larasati • 26 November 2020 17:48
Jakarta:  Universitas Gadjah Mada (UGM) menyandang predikat sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik dan peringkat satu dalam mengelola informasi serta komunikasi publik. Predikat ini diberikan karena UGM dinilai sebagai Badan Publik (BP) yang menerapkan dan menjalankan UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) oleh Komisi Informasi Pusat.
 
Penghargaan disampaikan Wakil Presiden, K. H. Ma’ruf Amin melalui media daring, Rabu, 25 November 2020 kepada Rektor UGM, Panut Mulyono. Selain kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN), anugerah Keterbukaan Informasi Publik juga diberikan untuk kategori Kementerian, Kategori Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah no Kementerian, Kategori Lembaga non Struktural, kategori Pemerintah Provinsi, Kategori BUMN dan Kategori Partai Politik.
 
Ma’ruf Amin menyatakan pemberian Anugerah Keterbukaan Informasi Publik menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mengapresiasi Badan Publik yang telah serius melakukan keterbukaan informasi publik. Keterbukaan Informasi Publik ini memberikan kemudahan pada masyarakat dalam mengakses informasi, dan untuk itu kepada Badan Publik berhak diberikan anugerah penghargaan dengan kualifikasi tertentu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kepada badan publik yang mendapatkan kualifikasi informatif Saya ucapkan selamat, dan teruslah bertahan dalam memberikan kualitas pelayanan publik agar semakin baik lagi," kata Ma'ruf.
 
Baca juga:  Sembilan PTN Raih Penghargaan Sebagai Badan Publik Informatif 2020
 
Sementara kepada badan publik yang mendapat predikat menuju informatif, diharapkan pada tahun depan mampu memenuhi kulifikasi sebagai badan publik yang informatif. Dengan komitmen dan strategi yang tepat harapan tersebut diyakini dapat diwujudkan.
 
“Sedang bagi badan publik yang cukup informatif, kurang informatif bahkan tidak informatif, Saya berpesan untuk terus melakukan akselerasi dengan perbaikan-perbaikan pada keterbukaan informasi publik," tuturnya.
 
Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana mengungkapkan, memasuki sepuluh tahun sejak pelaksanaan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, masih ditemui banyak Badan Publik (BP) yang belum patuh melaksanakannya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif