Mendikbud Nadiem Makarim saat meluncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Zoom.
Mendikbud Nadiem Makarim saat meluncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Zoom.

Nadiem Luncurkan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Pendidikan Nadiem Makarim Kampus Merdeka Merdeka Belajar Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 12 April 2021 15:29
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa yang minimal berada di semester tiga.
 
"Secara resmi saya luncurkan program Pertukaran Mahasiwa Merdeka angkatan pertama 2021," kata Nadiem dalam Peluncuran Pertukaran Mahasiswa Merdeka secara daring, Senin, 12 April 2021.
 
Nadiem meminta para pimpinan dan dosen perguruan tinggi mampu mendorong mahasiswanya untuk mendaftar pada program tersebut. Agar mahasiswa mendapatkan wawasan yang lebih luas ketika mengikuti program pertukaran mahasiswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saling mengenal antara satu daerah dengan daerah lain, menjaga keragaman budaya Indonesia. Sembari meningkatkan kompetensi akademik," ungkap dia.
 
Baca: Prodi Magister Ilmu Pemerintahan Unpad Raih Akreditasi A
 
Nadiem mengatakan jika para mahasiswa penerima program akan mendapatkan 20 Satuan Kredit Semester. Ini sebagai afirmasi dari kegiatan pertukaran pembelajaraan dan kegiatan budaya, selama satu semester tersebut.
 
"Mahasiswa akan berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya untuk mengeksplorasi keragaman budaya daerah tujuannya, memperkenalkan budaya asalnya, dan mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi penerima," jelas dia.
 
Nadiem menyarankan mahasiswa untuk mengambil semua mata kuliah yang ditawarkan. Namun, jika masih ada mata kuliah wajib di perguruan tinggi asal, mahasiswa tersebut tetap boleh izin untuk masuk dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.
 
"Atau jika mahasiswa tertarik untuk mengambil mata kuliah unggulan di perguruan tinggi lain hal itu dimungkinkan dengan pembelajaran daring," tutur Nadiem.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif