Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi
Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi

UKS di Sekolah Harus Mampu Atasi Anemia

Pendidikan pendidikan gizi Kualitas Pendidikan Gizi Siswa
Ilham Pratama Putra • 25 Januari 2021 10:40
Jakarta: Anemia atau sering dikenal dengan istilah 'kurang darah' dapat menyebabkan kekurangan gizi pada anak usia belajar. Untuk itu, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) diharapkan mampu mengambil peran untuk menghadapi anemia siswa di sekolah.
 
"Lewat usaha kita meningkatkan kemampuan UKS kita, usaha kesehatan sekolah di satuan pendidikan untuk bisa mengatasi anemia pada anak akan bisa berdaya guna lebih baik, karena cakupannya sangat luas," kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jumeri, dalam siaran YouTube Direktorat Sekolah Dasar, Senin, 25 Januari 2021.
 
Misalnya UKS sekurang-kurangnya mampu menyediakan tablet tambah darah. Agar prevalensi anemia di Indonesia pada siswa sekolah dapat diturunkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut Jumeri menyebut, perbaikan gizi guna menghindari anemia juga harus dilakukan oleh keluarga. Orang tua harus menyediakan kebutuhan gizi yang cukup untuk anak mereka.
 
"Pada jenjang keluarga tentu tanggung jawab orang tua untuk bisa menyediakan gizi yang baik, akan berpengaruh pada prevalensi anemia pada anak-anak," terang dia.
 
Baca juga:  Angka Anemia Siswa Indonesia Tinggi Ancam Kualitas Belajar
 
Menurut Jumeri, prevalensi atau tingkat keparahan anemia pada ruang lingkup siswa Indonesia cukup tinggi. Terlebih organisasi kesehatan dunia atau World Health Organisation (WHO) mensyaratkan jika prevalensi anemia harus berada di bawah angka 20 persen.
 
"Hasil pendataan tahun 2018, disebutkan bahwa prevelensi anemia balita kita masih 38,5 persen, usia sekolah 26,5 persen dan anak remaja 15 sampai 24 tahun masih cukup tinggi 32 persen," jelas dia.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif