Menhub Bakal Ajak 4.000 Mahasiswa Dialog tentang Infrastruktur
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (MI/SUSANTO)
Jakarta: Sebanyak 4000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sumatra Selatan bakal diajak berdialog terkait kehadiran proyek infrastruktur di Palembang. Dialog interaktif tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir.

Acara bertajuk Sukses Indonesia-ku ini dilaksanakan di Palembang Sport & Convention Center, Palembang, Sumatra Selatan, Senin, 12 Februari 2018. Dialog yang juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Koopertis Wilayah II Sumatera Selatan ini mengambil tema 'Pembangunan Nasional Kabinet Kerja'.


"Rencananya besok Menhub bersama Menristekdikti akan hadir sebagai narasumber pada kegiatan dialog Sukses Indonesia-ku dengan tema Pembangunan Nasional Kabinet Kerja," ucap Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kemenhub Baitul Ihwan melalui keterangan tertulis kepada Medcom.id, Minggu, 11 Februari 2018.

Baitul menuturkan, mahasiswa yang menjadi perserta diharapkan bisa memahami tujuan kehadiran proyek infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah saat ini. Proyek strategis nasional seperti kereta ringan atau Light Rapid Transit (LRT) di Palembang pun tak lama lagi bakalan rampung.

"Diharapkan nantinya para mahasiswa mendapatkan pemahaman mengenai pembangunan-pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini yang memang bertujuan demi keberlangsungan perekonomian masyarakat indonesia khusunya pembangunan LRT Palembang," ujar Baitul.

Sebelum memasuki sesi dialog, Baitul melanjutkan,  Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri terlebih dahulu akan melakukan diskusi bersama pegiat transportasi. Penjelasan ihwal manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya warga Palembang pun bakal dilakukan. Contohnya seperti mengurai kepadatan jalan, gaya hidup dalam bertransportasi dengan angkutan umum, serta menjadi ikon baru kota Palembang.

"Kami undang diskusi bersama media dan netizen-netizen dari Sumatera Selatan dengan pembahasan kehadiran LRT Palembang," tandas dia.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek LRT di Palembang ini bisa diuji coba pada Maret mendatang. Setelah itu, proyek LRT akan melalui masa uji coba (commisioning) selama dua bulan hingga Mei 2018.

Perkembangan pembangunan fisik saat ini sudah mencapai 80 persen. Diharapkan, pengoperasian LRT Palembang bakal menunjang pergelaran Asian Games pada Agustus 2018.

Pekerjaan pembangunan LRT Palembang telah dimulai pada 2015, dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara meliputi pekerjaan konstruksi dan supervisi. LRT Palembang dilengkapi dengan 13 stasiun, satu Depo, dan sembilan gardu listrik, yang nantinya dapat dioperasikan untuk 14 rangkaian kereta. Masing-masing rangkaian terdiri atas tiga gerbong dengan kapasitas setiap kereta 180-250 penumpang.

LRT Palembang memiliki panjang jalur 23 kilometer dengan lebar jalur rel 1.067 milimeter serta menggunakan third rail electricity 750 VDC. Proyek infrastruktur ini bakal menghubungkan Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin menuju kawasan Sport City Jakabaring. Lokasi yang akan digunakan sebagai arena perhelatan Asian Games 2018 itu juga akan terkoneksi hingga Depo LRT yang berada di Ogan Permai Indah.



(SCI)