Komisi X DPR RI menyayangkan disunatnya anggaran pendidikan tahun 2020 (Foto:MI/Arya Manggala)
Komisi X DPR RI menyayangkan disunatnya anggaran pendidikan tahun 2020 (Foto:MI/Arya Manggala)

Komisi X Kritisi Dikuranginya Anggaran Pendidikan

Pendidikan berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 03 Juli 2019 11:33
Jakarta: Anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2020, dikurangi. Komisi X DPR RI menyayangkan kondisi tersebut.
 
"Bagaimana potret pendidikan kita mau berubah kalau anggaran dikurangi terus," kata Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto, dikutip Dpr.go.id, Rabu, 3 Juli 2019.
 
Jatah anggaran Kemendikbud pada 2019 yaitu Rp35,9 triliun. Namun, dalam pembahasan pagu indikatif Rencana APBN Tahun Anggaran (RAPBN TA) 2020 berkurang menjadi Rp34,534 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi serupa juga dialami oleh Kemenristekdikti. Dalam pembahasan RAPBN TA 2020, anggaran yang diajukan sebesar Rp39,7 triliun. Turun jika dibandingkan anggaran 2019, yaitu Rp41,28 triliun.
 
Djoko Udjianto mengungkapkan, 20 persen postur APBN memang diarahkan untuk sektor pendidikan. Namun, jatah tersebut tersebut tidak terfokus untuk Kemendikbud dan Kemenristekdikti. Melainkan tersebar di beberapa kementerian/lembaga.
 
"Kalau seperti ini terus, potret pendidikan Indonesia tidak akan berubah," ucapnya.
 
Selain itu, pengurangan anggaran juga dialami oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dalam pembahasan RAPBN TA 2020, lembaga yang dipimpin oleh Imam Nahrawi itu mengajukan anggaran Rp1,4 triliun, turun jika dibandingkan tahun 2019, yaitu Rp1,9 triliun.
 
Djoko menilai, penurunan anggaran Kemenpora, Kemendikbud, dan Kemenristekdikti tak sejalan dengan niat pemerintahan Presiden RI Joko Widodo periode selanjutnya, yaitu mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM).
 
"Bagaimana SDM menjadi prioritas, namun anggaran untuk pembangunan pemuda malah dikurangi? Apakah pemerintah serius mau membangun SDM?" ujar dia.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif