Konferensi pers I3E 2019. Foto:  Medcom.id/Intan Yunelia.
Konferensi pers I3E 2019. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Pertumbuhan Startup di DKI Kalah Pesat dengan Jabar

Pendidikan inovasi
Intan Yunelia • 11 September 2019 12:30
Jakarta: Pertumbuhan perusahaan perintis berbasis teknologi (startup) paling pesat di Provinsi Jawa Barat. Sepanjang 2019, sebanyak 56 startup bertumbuh di provinsi ini.
 
Jumlah sebaran startup tahun ini secara cukup merata. Sebab pada 2015 hingga 2016 perkembangan startup masih didominasi pulau Jawa. Namun sejak 2017 perubahan signifikan terjadi, pertumbuhan startup menyebar ke wilayah timur dan ujung barat Indonesia.
 
“Di luar Jawa Ini tahun 2017, 2018 mulai bertumbuh. Maluku, Papua, NTT dari yang semula sama sekali tidak ada (startup) sekarang ada. Sumatra dari sedikit dulunya, sekarang banyak. Bali peningkatannya juga luar biasa. Tapi secara umum Jawa Barat paling pesat,” ujar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir saat Konferensi Pers I3E Pameran Industri Startup di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa, 10 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, di posisi kedua sebaran startup tertinggi yaitu Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 39 startup. Posisi ketiga Jawa Tengah 35 startup, keempat Jawa Timur 34 startup dan kelima DKI Jakarta 15 startup.
 
Persebaran yang kian merata ini, kata Nasir, berkat kebijakan Kemenristekdikti yang diterapkan dari pusat hingga daerah. Hasilnya afirmasi startup bertumbuh cukup baik.
 
Ia berharap ada peningkatan jumlah startup yang lebih banyak lagi dengan pendampingan yang dilakukan di daerah-daerah. “Saya harapkan ini tidak hanya Jawa sentris, tapi bisa menyebar ke seluruh Indonesia. Ada di daerah Jawa barat dan di Jawa tengah, Jakarta, Bali Aceh dan Sulsel sampai di Kaltim (Kalimantan Timur) ini harus kita harus kembangkan juga nantinya, sebagai ibu kota baru kita,” jelasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif